Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Saturday, September 26, 2020

Wisata Kuliner di Jakarta yang Enak dan Terkenal

Mulai dari wisata kuliner tradisional maupun modern bisa Anda temukan di ibukota. Meskipun terkenal sebagai kota yang besar sekaligus metropolitan, tetapi Jakarta masih menyimpan segudang wisata kuliner tradisional yang merupakan khas Betawi.

1. Bubur Ayam Barito
Lokasi: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.
Bubur ayam barito adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal di Jakarta. Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur ayam barito ini mempunyai tesktur yang sangat lembut dan juga menawarkan beragam topping.

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan teman saat malam hari. Selain itu, harga dari bubur ayam borito juga tergolong masih cukup murah, sehingga tidak akan menguras dompet.

2. Mie Ayam Gondangdia
Lokasi: Jl. RP. Soeroso No.36, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.
Mie ayam satu ini sangat ramai akan pengunjung, sehingga Anda harus rela mengantri untuk mencicipinya. Untuk dapat mencicipinya, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 sampai Rp 50.000.

Mie ayam gondangdia sangat cocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas. Selain itu, di tempat ini juga disediakan berbagai macam menu pilihan selain mie ayam.

3. Jalan Sabang
Lokasi: Jl. Sabang No. 29B, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.
Jalan sabang adalah salah satu daerah di Jakarta Pusat yang ramai akan wisatawan. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis kuliner Jakarta yang dijajakan dalam bentuk kaki lima.

Mulai dari sate padang, mie ayam, nasi goreng, martabak, aneka jajanan ringan dan berbagai macam makanan lainnya dapat Anda temukan disini. Selain itu, Anda juga bisa menyantap beragam kuliner sembari menikmati suasana kota Jakarta.

Biasanya jalan sabang akan dipenuhi pengunjung saat malam hari, karena juga dijadikan sebagai tempat nongkrong. Tempat ini juga sudah menjadi favorit para wisatawan lokal maupun asing, sehingga banyak turis yang pergi ke jalan sabang untuk sekedar menikmati jajanan khas Jakarta.

4. Bubur Kwang Tung
Lokasi: Jl. Pecenongan 67 I 3 2, RT.3/RW.2, Kebon Kalapa, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.
Bubur Kwang tung adalah salah satu kuliner terkenal di Jakarta karena memiliki keunikan. Bubur yang satu ini menggunakan berbagai macam campuran seafood khas hongkong, sehingga membuat rasanya menjadi sangat unik.

Tentunya bubur ini sangat cocok untuk Anda santap guna menghangatkan perut. Apalagi ditambah dengan adanya berbagai macam varian, mulai dari bubur sapi, bubur ayam, bubur ikan dan juga bubur kepiting.

5. Soto Betawi H.Ma’ruf
Lokasi: Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.
Soto Betawi H.Ma’ruf adalah salah satu wisata kuliner yang cukup legendaris di ibukota. Soto khas Betawi ini juga menawarkan harga yang relatif murah, sekitar Rp 44.000 saja.

Selain soto Betawi, Anda juga bisa mencicipi beragam menu lain, seperti sate Betawi dan lakse. Untuk waktu operasionalnya sendiri, Soto Betawi H.Ma’ruf buka mulai dari jam 09.00 – 23.00.

6. Pasar Santa
Lokasi: Pasar Santa Modern, Lantai Dasar AKS, Jl. Cipaku I No.121, RT.5/RW.4, Petogogan, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Pasar santa adalah salah satu tempat nongkrong favorit anak mudah sekaligus wisata kuliner para wisatawan. Di pasar santa, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan ataupun minuman yang cukup unik.

Salah satunya yang terletak di lantai 1, yaitu es krim warna – warni dan juga hotdog hitam yang menjadi favorit pengunjung. Pasar yang menjadi primadona di Jakarta ini mempunyai pengunjung yang sangat banyak setiap harinya.

Bagi Anda yang ingin kesana, maka lebih baik datang saat malam hari agar suasananya lebih menyenangkan. Disini Anda juga akan menemukan banyak anak muda yang menjadikan tempat tersebut sebagai area untuk berdiskusi bersama.

7. Warteg Warmo
Lokasi: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.1D 8, RT.8/RW.10, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.
Warteg adalah singkatan dari warung tegal. Warteg yang satu ini sangat terkenal di ibukota karena ada banyak artis Indonesia yang pernah datang kesini.

Sesuai dengan namanya, warteg warmo menawarkan harga yang bervariasi dan cukup murah. Menu yang ditawarkan juga beragam. Selain itu, Anda bisa mengunjungi warteg ini kapanpun karena buka selama 24 jam nonstop.

8. Bakmi Gang Kelinci
Lokasi: Jl. Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
Bakmi gang kelincin adalah salah satu kuliner yang wajib Anda coba saat ke Jakarta. Pasalnya bakmi ini sudah sangat terkenal, mengingat cabangnya yang sudah mencapai 11 toko dan tersebar di seluruh Jakarta.

Anda bisa menikmati bakmi dengan harga yang sangat terjangkau disini. Salah satu menu favorit para pengunjung adalah bakmi special yang dibandrol dengan harga Rp 27.000.

9. Lenggang Jakarta Monas
Lokasi: Jl.medan merdeka selatan gambir, Kec.gambir, Jakarta.
Wisata kuliner yang tak kalah menarik di Jakarta adalah lenggang Jakarta monas. Tempat yang satu ini menjadi favorit masyarakat Jakarta untuk dijadikan tempat makan sekaligus nongkrong dan menikmati suasana kota.

Meskipun baru diresmikan pada tahun 2015 lalu, tapi saat ini tempat tersebut sudah sangat terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung.

Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai macam makanan, bahkan jumlah pedagangnya diperkirakan mencapai 329 pedagang dengan mengusung konsep foodcourt. Setelah puas makan, Anda juga bisa berfoto ria sembari menikmati suasana Jakarta.

10. Warung Nagih
Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41 2, RT.2/RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.
Seperti namanya, tempat kuliner yang satu ini banyak didatangi oleh semua kalangan masyarakat di Jakarta. Pasalnya warung nagih memberikan harga yang relatif murah dengan menu yang beragam.

Disini Anda bisa mendapatkan berbagai macam makanan, mulai dari roti bakar, olahan mie, beragam minuman dan lain lain. Untuk waktu operasionalnya sendiri warung ini buka mulai dari jam 17.00 – 01.00.

11. Bebek Kaleyo
Lokasi: Jl. Pemuda No.290, RT.3/RW.1, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.
Sesuai dengan namanya, disini Anda bisa menikmati aneka olahan bebek yang sangat lezat. Sedangkan menu favoritnya sendiri adalah bebek goreng.

Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000, maka Anda sudah dapat menikmati seekor bebek utuh. Untuk Anda yang ingin mecicipinya, maka bisa datang antara hari Senin – Sabtu.

12. Southbox
Lokasi: Teras Kuliner, Kalibata City, RT.9/RW.4, Rawajati, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan.
Tempat kuliner yang satu ini cukup kekinian, karena mengusung konsep outdoor. Southbox juga dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda di Jakarta karena sangat unik. Terdiri dari 2 lantai dan menggunakan container yang didaur ulang menjadi penyebab mengapa tempat ini selalu menjadi tujuan anak muda di Jakarta dan sekitarnya.

Disini Anda bisa menikmati berbagai macam jenis makanan yang menarik dan lezat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga relatif murah dan terjangkau di kalangan wisatawan.

13. Seafood Ayu
Lokasi: Jl. Boulevard Bar. Raya, RT.15/RW.3, Klp. Gading Barat, Kec. Kelapa. Gading, Kota Jakarta Utara.
Sesuai dengan nama tempatnya, disini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis olahan seafood yang sangat lezat. Meskipun demikian, tetapi makanan di seafood ayu ini tidak akan membuat kantong Anda jebol, karena cukup murah.

Wisata kuliner yang satu ini patut Anda coba saat pergi ke Jakarta. Tetapi Anda juga harus rela mengantre, karena tempat yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung.

14. Roti Bakar Eddy
Lokasi: Jl. Raden Patah No.11, RW.1, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.
Roti bakar eddy adalah salah satu kuliner yang bisa menemani Anda saat sedang menikmati suasana kota Jakarta pada malam hari. Roti bakar eddy juga menjadi tempat nongkrong favorit, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Waktu operasional dari roti bakar eddy sendiri mulai dari jam 06.30 – 02.30. Selain roti bakar, disini Anda juga bisa menemukan menu lainnya, seperti bubur ayam, pisang bakar, nasi goreng dan lain-lain.

15. Food Lab Jakarta
Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prempatan, Kota Jakarta Selatan..
Namanya yang unik menjadi tempat ini sangat menarik bagi masyarakat Jakarta maupun wisatawan. Disini Anda bisa mencicipi berbagai macam jenis makanan yang dikreasikan secara unik dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa menu favorit disini adalah aneka martabak, makanan korea dan cimol saos kacang. Selain itu, ada pula beberapa menu lain yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga saat sedang berkunjung ke Jakarta.

16. Joni Steak
Lokasi: Jl. Samanhudi No.65, RT.8/RW.6, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
Joni steak adalah wisata kuliner yang sangat cocok Anda kunjungi untuk mengisi perut saat malam hari. Joni steak sendiri beroperasi mulai dari jam 18.00 – 01.00.

Untuk harganya sendiri, Anda tidak perlu menguras dompet terlalu dalam. Pasalnya beragam menu yang disediakan disini menawarkan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000.

17. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Lokasi: Jl. Kebon Sirih, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.
Nasi goreng kambing kebon sirih adalah wisata kuliner di Jakarta dan sudah mempunyai banyak cabang karena cukup legendaris. Sesuai dengan namanya, menu favorit disini adalah nasi goreng kambing karena mempunyai rasa yang sangat lezat dan juga tekstur daging yang lembut.

Untuk harga sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena hanya sekitar Rp 27.000 untuk satu porsinya. Waktu operasional dari nasi goreng kambing kebon sirih sendiri mulai dari jam 17.00 – 02.00.

18. Café Siang Malam 18 Palmerah
Lokasi: Jl. Tawakal VI No. 9, RT. 010 / RW. 09 Tomang Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat..
Dengan mengusung konsep café modern, tempat ini sangat favorit bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya disini konsumen bisa menikmati berbagai macam jenis sajian yang memanjakan lidah.

Beberapa diantaranya adalah roti bakar, ayam penyet, sarden dan juga beragam minuman. Untuk harga sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena tempat ini menawarkan kuliner dengan harga yang cukup terjangkau.

19. Food Fighter
Lokasi: Jl. Melawai IV No.7, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran. Baru, Kota Jakarta Selatan.
Food fighter adalah tempat kuliner favorit para anak mudah di Jakarta dan sekitarnya. Hal tersebut karena tempat ini menawarkan beragam makanan yang cukup unik dengan harga yang murah.

Beberapa menu favorit di tempat ini adalah manohara, judas kitchen, mie chio dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk menyantap berbagai makanan tersebut sekaligus nongkrong bersama tempat atau sahabat sembari menikmati Jakarta.

20. Restoran Trio
Lokasi: Jl. RP. Soeroso No.29A, RT.2/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.
Tempat makanan khas chineese food ini sudah sangat legendaris di Jakarta. Pasalnya, tempat makan ini dikatakan sudah berdiri sejak tahun 1985 dan menawarkan beragam sajian yang nikmat.

Tempat ini juga memiliki beragam menu, dengan rata-rata harga sekitar Rp 50.000. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, maka dapat kesana mulai dari jam 10.000 – 14.00 dan 17.00 – 21.30 setiap harinya.

12 Restoran Seafood di Jakarta Terenak

1. Aroma Sedap
Restoran Seafood di Menteng ini punya menu-menu yang mantap-mantap. Beda dengan restoran Seafood kebanyakan, Aroma Sedap punya interior yang keren abis, memadukan konsep minimalis, industrial, dan simplicity. Vibe pas makan di sini mirip-mirip seperti restoran Perancis, tapi kalau lihat menu, isinya makanan Indonesia semua. Di sini kamu mesti cobain Ikan Kudu-Kudu yang cukup jarang ditemukan di Jakarta karena asalnya dari Sulawesi. Ikan Kudu-Kudu paling lezat jika diolah deep fried. Rasanya makin sedap pas makan ini sambil dicocol saus cabai khas Sulawesi. Rasa Kepiting Saus Lada Hitam di Aroma Sedap juga jadi salah satu yang terbaik di Jakarta. Kepitingnya besar dan percaya, dalamnya itu nggak kosong, tapi super meaty dan fresh. Apalagi ditambah cita rasa saus lada hitam. Meskipun agak spicy, tapi kamu pasti bakal tambah nasi saat menyantap menu Seafood di Jakarta ini.

Lokasi:
Aroma Sedap
Jl. Teuku Cik Ditiro No. 43, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3902312.

2. Live Seafood Cabe Ijo
Waktu lagi main ke daerah Muara Karang, kamu harus cobain makan Seafood di Cabe Ijo yang terkenal banget itu. Menu jagoan di sini itu Chilli Crab. Meski namanya Cabe Ijo, ternyata yang jadi juara adalah Chilli Crab khas Singapore itu. Porsi Chilli Crab nya super besar dan dagingnya terasa segar, sedangkan kuahnya kental berwarna kemerahan. Rasa Chilli Crab Cabe Ijo sangat gurih dengan sentuhan asam. Menu wajib lainnya adalah Alu-Alu Cabe Ijo. Menu Seafood di Jakarta ini harganya terjangkau tapi rasanya luar biasa. Kerapu Lodi Saus Thailand nya juga recommended. Disajikan dengan kuah asam, irisan bengkuang, dan kecombrang. Rasanya segar dan dagingnya lembut abis.

Lokasi:
Live Seafood Cabe Ijo
Jl. Muara Karang Raya No. 40, Muara Karang, Jakarta. Tel. (021) 34673179.

3. Loobie Lobster
Loobie Lobster itu salah satu brainchild pasangan hits, Chef Atit dan Lucy, yang udah sukses dengan Holy Cow! Restoran ini menawarkan konsep yang sama dengan restoran jenius mereka lainnya, yaitu makanan berkualitas yang pocket-friendly. Jelas, saat pertama kali Loobie Lobster buka, restoran ini jadi primadonanya Seafood lover karena bisa menyantap lobster dengan harga yang terjangkau. Porsi lobsternya cocok banget buat kamu yang suka makan banyak. Whole Lobster Platter bisa kamu pesan saat makan di Loobie. Dalam satu menu Seafood di Jakarta kamu akan mendapatkan 2 macam lobster, fried calamari, nasi, lengkap dengan sambal matah yang pedesnya nendang banget. Penyajiannya Indonesia banget, bukan?

Lokasi:
Loobie Lobster
Jl. Bhakti No. 15, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 5270673.

4. Bandar Djakarta
Ngomongin restoran Seafood di Jakarta nggak akan lengkap tanpa membahas Banda Djakarta yang legendaris itu. Tempat ini memang paling recommended buat menyantap Seafood di Jakarta. Alasan utama kenapa banyak orang suka makan Seafood di sini karena semua Seafood di sini fresh. Kamu bisa memilih ikan hidup-hidup dan semua dimasak saat ada pesanan saja. Yang nggak bisa makan tanpa keju, Udang Pancet Jumbo Bakar Keju di bandar Djakarta wajib banget kamu cobain. Porsi kejunya nggak pelit sama sekali, rasanya super lezat, udangnya juicy, dan aroma grilled nya bener-bener menggugah selera. Ikan Bawal Bintang Bakar Pandan Wangi juga nggak kalah enak. Ikan yang kaya omega 3 ini dimasak dengan bumbu yang terasa kuat dan disajikan dengan cara dibungkus daun pandan yang wanginya sangat memikat. Jangan lupa juga ya pesan Puding Kelapa buat dessert. Rasanya nggak terlalu manis dan terasa sekali kelapanya.

Lokasi:
Bandar Djakarta
Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 6455472.

5. Seribu Rasa
Outlet Seribu Rasa di Jakarta ada banyak dan tersebar di mana-mana. Restoran ini dikenal handal menyajikan Seafood di Jakarta, makanan Jawa, maupun Peranakan. Kalau suka pedas, kamu bisa memesan Maung Fish yang dimasak dengan bumbu sambal super pedas. Bumbunya begitu meresap masuk ke dalam daging ikan, membuat setiap gigitan tak terlupakan. Hati-hati kalap saat dimakan dengan nasi hangat.

Lokasi:
Seribu Rasa
Jl. Haji Agus Salim No. 128, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 3928892.

6. Wiro Sableng
Seafood di Jakarta yang enak itu tidak hanya bisa ditemukan di restoran saja. Tempat makan sederhana di Kelapa Gading seperti Wiro Sableng juga nggak kalah enak menyajikan menu makanan laut yang sangat menggugah selera. Coba saja Cumi Saus Padang di sini. Kamu pasti akan terpukau karena daging cuminya empuk dan tidak alot. Porsinya sangat banyak dan bumbunya enak banget.

Lokasi:
Wiro Sableng
Jl. Boulevard Raya Blok QH 3 No. 2 - 3, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45846930.

7. Sulawesi
Kota-kota di Sulawesi itu terkenal dengan olahan hidangan lautnya. Tak hean, banyak ikan-ikan enak yang hanya bisa ditemukan di perairan Sulawesi. Salah satunya adalah Ikan Barondang yang dibakar dan disajikan dengan satu set sambal yang berbeda-beda, seperti mangga camangi, dabu dabu, dan petis. Khusus yang suka pedas, tantang diri kamu buat mencicipi Ikan Rica Rica yang pedasnya bikin keringetan.

Lokasi:
Sulawesi
Menara BTPN, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29887836.

8. Fish Streat
Kalau dulu menu Fish n Chips selalu dibanderol dengan harga yang mahal, kini kamu bisa makan menu ini dengan harga kurang dari Rp 50.000 di Fish Streat. Harganya yang sangat terjangkau membuat restoran seafood di Jakarta ini banyak penggemarnya. Bayangkan saja, kamu bisa menikmati Fried Fish yang crunchy dan gendut beserta Pasta yang yummy hanya dengan Rp 34.000 saja. Rasanya pun enak, ikannya gurih, teksturnya lembut di bagian dalam, dan cocok dipadukan dengan Spaghetti yang berbalut marinara sauce.

Lokasi:
Fish Streat
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 44B, Tebet, Jakarta. Telp. 0812-8899-8048.

9. Pondok Laguna
Pecenongan adalah surga kuliner di Jakarta Pusat. Segala macam makanan bisa kamu temukan di daerah ini, mulai dari restoran jadul, Martabak kekinian, hingga Seafood di Jakarta. Ngomongin Seafood di Pecenongan, Pondok Laguna jadi destinasi yang wajib kamu datangi. Restoran yang umurnya sudah puluhan tahun ini punya Gurame Goreng yang kenikmatannya tidak tertandingi. Gurame ini digoreng deep fried sampai kering, teksturnya crunchy, tapi bagian dagingnya sangat lembut. Menu ini makin enak saat disantap bersama Kangkung Balacan atau Tumis Jamur yang rasanya juga jempolan.

Lokasi:
Pondok Laguna
Jl. Batu Tulis Raya No. 45 - 47, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3459991.

10. Layar Seafood
Beralih ke daerah Jakarta Barat, ada Layar Seafood yang sebelumnya sudah populer lebih dulu di Surabaya. Restoran Seafood di Jakarta ini akan membuat kamu tergila-gila dengan Cumi Goreng Saus Telur Asin. Sausnya sangat kental dan legit rasanya. Saat bercampur dengan Cumi Gorengnya, rasanya tak akan membuat kamu kecewa, creamy, namun tidak berlebihan.

Lokasi:
Layar Seafood
Jl. Pesanggrahan Raya No. 80, Meruya, Jakarta. Telp. (021) 58907223.

11. Nelayan
Lain lagi dengan restoran Nelayan yang berada di Ancol. Tempat makan Seafood di Jakarta ini berasal dari Medan. Meski namanya Nelayan, restoran ini tak hanya khusus menyajikan hidangan laut saja, tapi juga ada beragam masakan Chinese yang rasanya juara. Menu sesederhana Udang Rebus saja bisa bikin kamu ketagihan. Tempatnya juga luas dan sering menjadi venue berbagai event spesial.

Lokasi:
Nelayan
Jl. Karang Bolong Raya No. 8, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 6900660.

12. The Holy Crab
Menyantap Kepiting kualitas premium kini tak harus merogok kocek yang dalam. Di The Holy Crab, kamu bisa puas-puasin melahap THC Classic yang di dalamnya terdapat Sausages, Crab, Shrimp, Clams, dan Corn yang melimpah. Itu semua disajikan bersama saus spesial yang enak jadi cocolan atau langsung disiram ke atas makanan-makanan tersebut.

Lokasi:
The Holy Crab
Jl. Gunawarman No. 55, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 29236155.

Sumber:
https://www.itrip.id/
Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive