Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Friday, September 25, 2020

Berbajai Jenis Soto di Indonesia

Soto merupakan makanan berkuah khas Indonesia, yang biasa disajikan dengan daging ayam atau sapi dan sayuran.
Beragam macam soto bisa ditemukan di Indonesia, karena hampir setiap daerah memiliki resep soto yang berbeda, sesuai dengan cita rasa daerah tersebut.

1. Soto Medan


Soto Medan cukup kental karena dimasak dengan kuah santan yang sekali perasan. Soto ini sangat kuat dengan rasa serta aroma daun serai dan rempah-rempah lainnya. Ada dua pilihan untuk soto Medan, yaitu daging sapi dan daging ayam. Soto Medan disajikan dengan perkedel kentang, telur, emping, tomat, tauge, bihun, dan taburan bawang goreng.

2. Soto Padang


Soto Padang diolah menggunakan daging sapi dengan kuah kaldu sapi tentunya, namun ada rasa asam dan manis karena dicampur dengan cuka. Soto berwarna kuning bening ini disajikan dengan irisan daging yang telah digoreng kering, bihun, dan perkedel.

3. Soto Betawi


Soto Betawi memiliki rasa yang sangat gurih karena dibuat dengan menggunakan kuah santan dan dicampur susu. Aroma soto ini kaya akan rempah-rempah seperti pala, cengkeh, dan kapulaga. Soto ini disajikan dengan irisan daging sapi dan jeroannya, seperti paru, hati, dan babat. Terakhir, emping dan acar disajikan sebagai pelengkap makanan.

4. Soto Bogor


Kota Bogor memiliki dua macam kuliner soto yang sudah sangat terkenal, yaitu soto kuning dan soto mie. Kedua soto tersebut dibuat dengan menggunakan daging sapi.


Perbedaan keduanya yaitu, soto kuning memiliki kuah berwarna kuning santan, dengan berisikan daging sapi bagian sandung lamur, serta jeroan sapi seperti lidah, babat, dan usus. Sementara soto mie memiliki kuah bening, dengan isi daging sapi, kikil atau urat kaki sapi, risoles, dan pastinya mie, sesuai dengan namanya.

5. Soto Bandung


Warna Soto Bandung yang putih bening sedap dipandang, tentunya pula untuk disantap. Soto Bandung dibuat dari daging sapi dengan memiliki ciri khas menggunakan lobak, tomat, dan kacang kedelai goreng.

6. Soto Semarang


Semarang juga memiliki soto yang tak kalah lezatnya dengan soto daerah lainnya. Soto Semarang merupakan soto daging ayam dengan kuah bening dari kaldu ayam. Salah satu penjaja Soto Semarang yang sangat terkenal adalah Soto Bangkong.

7. Soto Lenthok


Soto Lenthok merupakan soto khas DI Yogyakarta. Bila dilihat dari penampilannya, Soto Lenthok tidak berbeda dengan soto khas daerah Jawa Tengah, yaitu menggunakan daging ayam dan berkuah putih bening. Namun ada 1 bahan yang membedakan pada Soto Lenthok yaitu Lenthok-nya. Lenthok sendiri terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan seperti perkedel.

8. Soto Kuali


Soto ini meruapakan masakan khas kota Solo yang di masak dengan alat bejana yang terbuat dari tanah liat yaitu kuali atau dalam bahasa Jawa ditulis kwali. Ciri khas lainnya dari Soto Kuali Solo yaitu bumbunya yang menggunakan bahan tempe yang sudah akan membusuk, atau semangit (bau busuk dalam bahasa Jawa). Bahan utama Soto Kuali adalah daging sapi yang disiram kuah putih bening dengan campuran tauge, daun seledri, dan irisan bawang putih goreng.

9. Soto Kudus


Soto dari kota Kudus ini memiliki isian yang mirip dengan soto di Jawa Tengah pada umumnya, yaitu daging ayam, tauge, kol, dan taburan bawang putih goreng. Tapi, bila di Kota Kudus kita dapat pula menemukan soto yang menggunakan bahan isian daging kerbau dan daging sapi.

10. Soto Lamongan


Kuliner khas Kabupaten Lamongan ini sudah menyebar dan terkenal di banyak tempat di Pulau Jawa. Soto Lamongan merupakan soto ayam yang menggunakan bumbu koya, sebuah bumbu gurih yang terbuat dari udang dan bawang tumbuk.

11. Soto Surabaya


Soto Surabaya mirip dengan di Lamongan, yang dibuat menggunakan daging ayam, kuahnya yang kuning pekat karena bumbu kunyit, serta taburan bumbu koya.

12. Soto Tauco


Kabupaten Pekalongan terkenal dengan kuliner Tauto, yang merupakan singkatan dari Tauco Soto. Ciri khas dari Tauto adalah penambahan tauco matangnya, yang menjadikan soto ini sangat kental dan lezat. Tauto banyak dijual di jalur Pantai Utara Jawa.

13. Soto Banjarnegara
Soto Banjarnegara berkuah kuning sekilas mirip dengan opor, tapi saat mencicipinya akan terasa jauh berbeda dengan opor. Kombinasi kuah kuning dengan santan yang dicampur dengan rebusan daging dan tulang sapi menambah gurihnya soto tersebut. Soto Banjarnegara disajikan menggunakan ketupat yang diguyur dengan kuah, tauge muda, irisan daun bawang, dan bawang goreng.


14. Soto Pacitan


Soto Pacitan merupakan soto ayam dengan kuah bening, yang memiliki penampilan seperti soto di daerah lainnya. Namun, yang membedakan adalah penggunaan kacang goreng untuk ditabur dan disantap bareng soto.

15. Soto Madura


Pulau di seberang dari Pulau Jawa ini terkenal memiliki banyak kuliner yang nikmat, dan bisa ditemui di banyak daerah di Jawa. Tapi, khusus soto sepertinya sulit ditemui di luar Madura. Soto Madura merupakan soto bening yang berisikan jeroan sapi, dan dilengkapi bihun, kol, dan telur ayam rebus.

16. Soto Banjar


Tidak hanya menjadi makanan warga di Sumatera dan Jawa saja, soto juga menjadi makanan khas bagi warga di Kalimantan. Soto yang terkenal adalah Soto Banjar, makanan khas Suku Banjar. Soto Banjar adalah soto ayam dengan kuah bening yang disajikan dengan ketupat, mie soun, telur, dan perkedel. Soto ini menggunakan rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan angkak, sebagai bumbunya.

17. Soto Makassar


Selanjutnya adalah Soto Makassar, yang disebut oleh warga di Ujung Pandang sebagai Coto. Coto Makassar memiliki kuah berwarna khas, yang dibuat dari berbagai macam rempah sehingga menghasilkan warna yang kental dan rasanya gurih. Coto Makassar disajikan dalam mangkuk kecil, ditambah kacang goreng, daun bawang, daun seledri dan bawang goreng. Coto disantap dengan ketupat yang disajikan terpisah.

18. Soto Mie



Soto Mie sama seperti soto pada umumnya, tapi istimewa karena disajikan dengan mie kuning. Soto ini bisa disajikan dengan kuah bening dan santan. Bahan lain yang biasa digunakan pada soto ini adalah bawang Bombay, bawang putih, serai, dan terkadang koya. Mie kuningnya dibuat dari tepung terigu dan minyak kedelai. Kuahnya juga diisi dengan daging sapi atau daging ayam pilihan dan sepotong lumpia. Biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan kerupuk tradisional.

19. Soto Tasik



Soto Tasik menggunakan kuah kaldu ayam yang dicampur dengan santan, serai, dan daun salam. Ada bihun, kacang tanah panggang, dan daging ayam sebagai isiannya. Sebagai pelengkap, biasanya disajikan dengan nasi atau lontong. Irisan jeruk nipis juga disediakan untuk menambahkan sedikit rasa segar pada kuahnya yang gurih.

20. Soto Cirebon


21. Soto Purwakarta


22. Soto Banten


23. Soto Gombong


24. Soto Sumedang


25. Soto Banyumas


26. Soto Jogyakarta


Sumber:
Media.iyaa.com

Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive