Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Sunday, September 27, 2020

Berbagai Tempat Wisata di Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan potensi wisata yang menarik dan beragam. Meskipun wilayah negara ini tidak terlalu luas, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam tempat wisata.
Jika Anda tertarik untuk menghabiskan masa liburan di Malaysia dan membutuhkan referensi tempat wisata yang seru.

1. Menara Kembar Petronas
Menara kembar Petronas merupakan salah satu ikon Malaysia. Menara kembar ini tercatat pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004, sebelum akhirnya gelar tersebut direbut oleh Burj Khalifa di Dubai.
Selain menjadi markas bagi beberapa perusahaan, daya tarik Menara kembar Petronas bagi para wisatawan adalah jembatan udara. Jembatan udara merupakan jembatan yang menghubungkan 2 menara di lantai 41 dan 42. Jembatan ini terletak di atas ketinggian 170 meter.
Untuk mengunjungi Menara Kembar Petronas, selain menggunakan transportasi umum, seperti kereta api atau bus, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi.

2. Taman KLCC (Kuala Lumpur City Center)
Taman KLCC merupakan tempat wisata, berupa taman yang berada dibawah Menara Kembar Petronas. Di sini, para pengunjung biasanya melakukan jogging, bersepeda, atau sekadar duduk menikmati keindahan taman KLCC yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.
Di taman KLCC terdapat sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur. Jika beruntung, Anda bisa menikmati pertunjukan air warna-warni setiap malam.
Anda bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi untuk berkunjung ke Taman KLCC. Karena letak taman ini termasuk strategis dan berada di pusat Kota Kuala Lumpur.

3. Taman Burung KL (Kuala Lumpur Bird Park)
Taman Burung KL merupakan bagian dari Taman Botani Perdana, yang terletak sekitar 10 menit dari pusat Kota Kuala Lumpur. Di Taman Burung KL ini, Anda dapat melihat 3000 ekor burung yang terdiri dari spesies lokal maupun asing.
Di sini, burung-burung dibiarkan terbang bebas dan hidup di habitatnya masing-masing. Ketika menyusuri taman ini Anda akan melihat berbagai jenis unggas, seperti bebek, elang, dan burung unta. Anda juga bisa berfoto, memberi makan, atau melihat proses pengeraman telur buatan menggunakan inkubator.

4. Bukit Bintang
Kalau New York memiliki Time Square, Malaysia memiliki Bukit Bintang. Bukit Bintang merupakan salah satu tempat wisata belanja yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Di sini, terdapat berbagai macam pusat perbelanjaan yang menjual barang murah sampai barang impor bermerek.
Selain belanja, di Bukit Bintang Anda juga bisa menemukan berbagai macam restoran, kafe, dan pedagang kaki lima yang menjual variasi makanan dari berbagai negara. Untuk menuju Bukit Bintang, Anda bisa menaiki kereta monorail atau MRT (mass rapid transportation).

5. Kuil Kek Lok Si
Daya tarik utama Kek Lok Si adalah bangunan pagoda yang terdiri dari 7 lantai. Desain pagoda di Kuil Kek Lok Si merupakan perpaduan budaya Cina, Thailand dan Burma. Di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha dari pualam dan perunggu,
Selain itu, di dalam kompleks Kuil Kek Lok Si juga terdapat patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30,2 meter. Di sini Anda tidak hanya bisa beribadah, tetapi juga menikmati panorama alam yang memesona.

6. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car menawarkan sensasi seru berkendara menggunakan gondola, yang melayang di ketinggian 709 meter di atas permukaan laut. Sepanjang 20 menit perjalanan, Anda akan disuguhi panorama alam khas hutan tropis yang memesona.
Stasiun gondola mulai dibuka dan beroperasi sejak pukul 10 pagi sampai 7 malam. Untuk menaiki gondola tersebut, Anda akan dikenai biaya sekitar RM 15 untuk dewasa, dan RM 5 untuk anak-anak.
Langkawi Cable Car terletak sekitar 30 menit dari pusat Kota Kuah dan 15 menit dari Bandara Internasional Langkawi. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menyewa taksi atau kendaraan pribadi.

7. Batu Caves (Gua Batu)
Caves merupakan ikon dan tempat wisata populer di Selangor. Tempat ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Setiap tahun, pengelola Batu Caves menyelenggarakan festival agama Hindu Thaipusam. Festival ini selalu dipenuhi dengan umat Hindu dari seluruh dunia.
Batu Caves adalah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Saat memasuki tempat ini, Anda akan disambut oleh patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang dilapisi emas. Setelah itu, Anda akan menaiki 272 anak tangga yang curam.
Saat menaiki tangga, Anda akan melihat banyak monyet liar berkeliaran. Batu Caves terletak sekitar 13 km dari Kota Kuala Lumpur. Untuk mecapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kereta komuter, bus, atau taksi.

8. Pulau Redang
Pulau Redang merupakan tempat wisata di Malaysia yang populer di kalangan pecinta olahraga menyelam. Berlokasi di Laut Cina Selatan, pulau ini juga bagian dari Taman Laut Trengganu, Malaysia.
Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kapal laut dengan harga tiket sekitar RM 40. Perjalanan menggunakan kapal laut dari Tanjung Merang memakan waktu sekitar 40 menit. Jika Anda ingin lebih cepat, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dengan tiket seharga RM 250.
Selain memiliki banyak spot favorit untuk menyelam, laut di sekitar pulau ini sangat jernih. Dari daratan kita bisa melihat ragam biota laut yang indah dan mengagumkan. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda harus merogoh kocek cukup dalam, sebab harga sewa kamar di Pulau Redang lumayan mahal.
Mahalnya harga sewa penginapan di kawasan ini dikarenakan hampir semua resort di Pulau Redang memiliki fasilitas snorkeling dan diving.
Dan jika ingin mengambil foto di bawah laut, Anda dapat menyewa kamera yang dapat digunakan di dalam air.

9. The Habitat Penang Hill

Ingin mengenalkan alam dan hutan pada anak? The Habitat Penang Hill adalah tempat wisata edukatif yang harus Anda masukkan dalam list liburan Anda. Di The Habitat Penang Hill, Anda bisa melihat panorama hutan, keindahan ragam flora, dan pemandangan laut yang mengagumkan.
Saat mengunjungi tempat ini, Anda dapat menaiki wahana The Canopy Walk. Di wahana ini, Anda dapat merasakan sensasi berjalan di atas udara melintasi pepohonan yang rindang. Kerennya, wahana ini dibuat tree friendly, artinya tidak ada satu baja pun yang dibangun dengan merusak tanaman dan pohon di sekitarnya.
Selain The Canopy Walk, Anda juga dapat mengunjungi wahana lain, seperti The Red Garden, Butterfly Bank, dan Fragrance Garden.
Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menaiki kereta gantung dari kaki Bukit Penang. Sepanjang perjalanan Anda akan melintasi hutan yang rimbun dengan pepohonan hijau yang memesona.

10. Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary

Rasakan sensasi berinteraksi dengan gajah ketika berkunjung ke tempat wisata alam Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary. Tempat ini merupakan taman perlindungan gajah khas Asia yang juga dikenal sebagai spesies Elephus Maximus. Tercatat ada 1200 ekor gajah Asia di tempat ini.
Jika ingin liburan Anda lebih seru, cobalah wahana memandikan gajah di sungai yang masih alami. Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary terletak sekitar 15 km dari Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menyewa atau membawa kendaraan pribadi dan menempuh perjalanan sekitar 100 km.

11. Sunway Lagoon Theme Park
Selamat datang di taman bermain paling seru dan menyenangkan di Petaling Jaya, Malaysia. Sunway Lagoon Theme Park merupakan kompleks taman bermain yang terdiri dari 5 taman yaitu: Water Park, Wildlife Park, Extreme Park, dan Amusement Park.
Hanya dengan mengunjungi satu tempat, Anda dapat menaiki lebih dari 80 wahana dan atraksi yang menarik. Jarak Kuala Lumpur dan Sunway Lagoon Theme Park sekitar 15 menit perjalanan. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menaiki angkutan umum seperti bus, kereta komuter, atau LRT (Light Rail Transit).

12. National Zoo (Zoo Negara)
Zoo Negara adalah kebun binatang nasional yang dikelola oleh pemerintah Malaysia. Tempat wisata ini memiliki sekitar 5.500 hewan dari 400 spesies yang berbeda. Saat akhir pekan dan musim liburan, Zoo Negara selalu dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun asing.
Daya tarik utama kebun binatang ini adalah panda raksasa yang didatangkan langsung dari Cina. Selain itu, Zoo Negara juga memiliki wahana dan atraksi yang tidak kalah seru dan menarik lainnya.
Jika Anda cepat lelah dan capek, pengelola menyediakan sebuah trem yang bisa digunakan untuk mengelilingi kompleks Zoo Negara. Tempat ini mulai buka dari pukul 9.00 pagi sampai pukul 5.00 sore.
Zoo Negara dapat dicapai menggunakan LRT (Light Rail Transit) yang dilanjutkan dengan Bis KL Transit. Anda juga dapat menyewa taksi, menaiki bus Metro, atau menggunakan kendaraan pribadi.

13. Genting Highland
Anda tidak perlu jauh-jauh ke Amerika jika ingin mengunjungi Las Vegas. Malaysia juga memiliki tempat yang tidak kalah glamor dan menghibur, yaitu Genting Highland. Genting Highland merupakan daerah perbukitan yang berlokasi sekitar 51 km dari pusat Kota Kuala Lumpur.
Semua hal bisa Anda temukan di sini, mulai dari theme park, kasino, resort, restoran dengan berbagai kuliner khas lokal atau asing, tempat wisata alam, sampai pusat perbelanjaan yang sayang sekali jika dilewatkan. Tidak heran jika Genting Highland dijuluki kota hiburan atau The City of Entertainment.
Untuk mencapai Genting Higland. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat berhenti di Awana dan melanjutkan jalan ke puncak Genting Highland menggunakan kereta gantung.
Pastikan Anda membawa uang yang banyak saat berkunjung ke Genting Highland. Karena Anda tidak akan mau melewatkan satu tempat wisata pun ketika berkunjung ke sini.

14. Garama Proboscis Monkey Sanctuary
Nikmati pengalaman seru memasuki habitat asli bekantan dengan menyusuri sungai Garama menggunakan perahu.
Pastikan Anda membawa binokular agar dapat melihat bekantan dari dekat. Selain bekantan, Anda juga bisa melihat monyet-monyet liar yang bermain dan bergelantungan di pohon.
Perjalanan menyusuri Sungai Garama ini memakan waktu sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi panorama khas hutan tropis yang mengagumkan. Jika beruntung, di akhir perjalanan, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dari rest area yang disediakan pengelola untuk para pengunjung.
Di tempat tersebut Anda juga bisa melihat kerbau yang sedang mandi di sungai sembari menikmati makan malam dengan menu lokal yang nikmat.
Anda bisa menaiki pesawat atau menyewa kendaran untuk mencapai Garama Proboscis Monkey Sanctuary. Jika ingin lebih nyaman, Anda bisa merogoh kocek lebih dalam dan menyewa sebuah helikopter.

15. Malaka River Cruise
Malaka adalah salah satu kota di Malaysia yang masih memiliki banyak bagunan kuno dari masa penjajahan Belanda. Untuk mengelilingi kota dan menikmati berbagai bangunan kuno, Anda dapat menyewa sebuah perahu. Wahana mengelilingi kota menggunakan perahu ini merupakan daya tarik utama Kota Malaka.
Wahana Malaka River Cruise memakan waktu sekitar 45 menit, untuk merasakan perjalanan ini Anda harus merogoh kocek sekitar RM 10 untuk dewasa dan RM 5 untuk anak-anak. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena Anda pasti ingin mengabadikan setiap bangunan, jembatan, dan toko-toko kuno yang dilewati.
Untuk mencapai Kota Malaka, Anda dapat menggunakan bus, taksi, atau menyewa kendaraan pribadi. Perjalanan menuju Kota Malaka dari Kuala Lumpur memakan waktu sekitar 2 jam.

16. Pulau Dayang Bunting
Pulau Dayang Bunting merupakan sebuah pulau unik yang terletak di Langkawi, Malaysia. Dinamakan Pulau Dayang Bunting karena dari kejauhan pulau ini terlihat seperti seorang perempuan hamil (bunting) yang sedang tidur.
Untuk menuju tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang menuju terminal Awana Porta Malai. Dari terminal tersebut, perjalanan akan diteruskan menggunakan kapal motor yang mulai beroperasi dari pukul 10.00 pagi. Perjalanan menggunakan kapal memakan waktu sekitar 20 menit.
Sesampainya di dermaga Pulau Dayang Bunting, Anda masih harus berjalan kaki untuk masuk ke kompleks wisata pulau. Sepanjang jalan Anda akan melewati hutan dengan pepohonan hijau yang menawan. Dari pintu masuk, Anda masih harus berjalan selama 15 menit untuk sampai di Danau Dayang Bunting yang terkenal.
Di danau yang jernih ini, Anda dapat menyewa atau mendayung perahu Anda sendiri. Nikmati suasana tenang, udara yang segar, dan pemandangan yang menawan ketika berada di sini. Harga tiket tur ke Pulau Dayang Bunting dipatok sekitar RM 35 sampai RM 60 per orang.
Jika menginap di salah satu penginapan di tempat ini, pengelola penginapan biasanya menyediakan perahu untuk mengantar dan menjemput pengunjung.

17. Langkawi Crocodile Farm
Langkawi Crocodile Farm merupakan tempat wisata di Malaysia berupa taman konservasi dan penangkaran buaya. Kurang lebih terdapat 1.000 buaya dari berbagai spesies tinggal di sini. Kebanyakan buaya di tempat ini sudah jinak, jadi soal keamanan Anda tidak perlu khawatir.
Di setiap wahana, pengelola juga menyediakan pemandu dan pawang buaya yang terlatih secara profesional. Di Langkawi Crocodile Farm, Anda dapat melihat atraksi buaya, memberi makan buaya, dan berbagai wahana menarik serta menantang lainnya.
Langkawi Crocodile Farm mulai buka sejak pukul 10.00 pagi sampai 6.00 malam. Langkawi Crocodile Farm Anda dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau menaiki taksi udara (Langkawi Sky Cab).

18. Malaysia Textile Museum
Ingin tahu sejarah pakaian dan kain di Malaysia? Anda dapat mengunjungi Malaysia Textile Museum untuk belajar segala hal tentang kain khas Malaysia dan melihat langsung alat serta cara pembuatan kain-kain tradisional. Untuk mengunjungi museum ini Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.
Museum dibuka setiap hari sejak pukul 9.00 pagi sampai 6.00 malam, kecuali pada hari besar seperti Idulfitri dan Iduladha. Anda bisa memilih mengelilingi museum ini sendiri atau menggunakan jasa pemandu.
Selain kain dan pakaian khas Malaysia, museum ini juga memamerkan berbagai macam kain tradisional dari negara lain, seperti, India, Thailand, dan Indonesia.
Untuk sampai ke museum ini, Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

19. Malaysia National Museum
Saatnya berlibur sambil belajar tentang sejarah Malaysia di Malaysia National Museum. Di museum ini terdapat 4 galeri utama yaitu, Galeri Early History, The Malay Kingdom, The Colonial Era, dan Malaysia Today. Bangunan museum sendiri mengadopsi arsitektur khas Minangkabau dari Indonesia.
Untuk pergi ke museum ini, Anda dapat menaiki kereta komuter atau monorail. Dari stasiun kereta, Anda masih harus berjalan kaki selama 15 menit melewati jalur khusus pejalan kaki yang disediakan pemerintah setempat.
Malaysia National Museum buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 6.00 petang, kecuali pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.

20. Penang National Park

Penang National Park merupakan tempat wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Daya tarik utama tempat seluas 1.213 hektar ini, adalah penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi, hutan bakau, dan danau alami yang mempesona.
Penang National Park merupakan rumah bagi ribuan flora dan fauna khas daerah tropis. Jika beruntung, setiap bulan September sampai April, Anda dapat melihat peristiwa migrasi burung yang langka. 
Meskipun begitu, setiap pengunjung yang mengunjungi tempat ini, wajib mendaftarkan diri mereka ke pengelola demi alasan keamanan.
Untuk sampai ke Penang National Park, Anda dapat menaiki bis Rapid Penang nomor U101 atau U501. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi melewati Teluk Bahang.

21. Penang War Museum
Penang War Museum atau Museum Perang Penang berlokasi di Bukit Batu Maung, bagian tenggara Pulau Penang. Jika berkendara dari Georgetown, Anda bisa melewati jalan tol Jelutong. Setelah melewati Penang Prawn Village, Anda akan menemukan perempatan.
Dari perempatan ambil jalan lurus sampai terlihat petunjuk arah menuju Penang War Museum. Ikuti tanjakan jalan hingga Anda sampai ke Bukit Batu Maung. Museum mulai dibuka sejak pukul 9.00 pagi sampai pukul 6.00 sore.
Daya tarik museum ini adalah bangunannya yang merupakan benteng pada masa penjajahan Inggris. Di dalam bangunan terdapat berbagai macam benda bersejarah dan sebuah ruang bawah tanah.

22. Fort Cornwallis
Benteng (Fort) Corwallis merupakan salah satu situs bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Sama halnya dengan Penang War Museum, tempat ini berlokasi di Pulau Penang. Di sini Anda bisa mengunjungi sebuah kapel tua, Seri Rambai Canon (sebuah senjata raksasa bersejarah), dan galeri yang memamerkan sejarah Malaysia.
Benteng mulai beroperasi dari pukul 9.00 pagi sampai pukul 7.00 malam dan dibuka setiap hari untuk umum.
Anda dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke Fort Cornwallis. Angkutan umum yang bisa Anda gunakan adalah bus Rapid Penang atau taksi.

23. Gunung Mulu National Park
Gunung Mulu National Park adalah salah satu tempat wisata alam terkenal di Malaysia. Gunung Mulu berlokasi di Serawak. Untuk sampai di tempat ini, Anda harus menggunakan pesawat. Setelah sampai di bandara setempat, perjalanan bisa kita lanjutkan dengan menyewa kendaraan.
Daya tarik utama Gunung Mulu National Park adalah dua gua yang memiliki keunikannya masing-masing. Di Cave of The Winds atau gua angin, Anda akan disuguhi keindahan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di langit-langit gua. Sementara di Deer Cave Anda bisa melihat sarang kelelawar menggantung sepanjang 2 km di atas langit gua.
Uniknya, di antara dua gua ini terdapat aliran sungai. Anda juga dapat menyewa kapal atau perahu mesin untuk menyusuri sungai alami tersebut. Tiket masuk ke Gunung Mulu National Park dihargai RM 10. Jika ingin menyewa kapal, Anda tinggal menambah RM 5. Jam operasional taman dimulai sejak pukul 8.00 pagi sampai pukul 5.00 sore.

24. Masjid Putra di Putrajaya
Seperti yang kita tahu, mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam. Karena itu sayang sekali jika ketika berkunjung ke negara ini kita tidak menyempatkan diri untuk melihat Masjid Putra yang terletak di Putrajaya.
Masjid Putra dibangun dengan mengadopsi arsitektur Timur Tengah. Keunikan bangunan masjid terlihat dari letaknya yang menjorok ke Danau Putrajaya. Karena letaknya inilah Masjid Putra dijuluki masjid terapung.
Untuk masuk ke masjid ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun. Anda hanya diwajibkan untuk berpakaian tertutup dan sopan. Masjid yang mampu menampung 1500 jamaah ini buka 24 jam.
Selain beribadah, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri Danau Putrajaya yang mengelilingi masjid. Harga sewa perahu dipatok sekitar RM 10. Jika ingin menaiki kapal yang lebih besar, Anda dapat membeli tiket Kapal Belimbing Sightseeing Cruise Boat seharga RM 30. Kapal ini dilengkapi AC dan mampu menampung 76 orang.
Masjid Putra bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum seperti taksi, bus, dan kereta.

25. Legoland Malaysia
Manjakan putra-putri Anda dengan mengunjungi taman bermain paling hits di Malaysia, Legoland. Taman bermain Legoland memiliki dua wahana utama yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Setiap wahana memiliki harga tiket yang berbeda.
Jika ingin mengunjungi dua wahana tersebut sekaligus, tiket terusan dipatok sekitar RM 140 untuk pengunjung berumur di atas 60 tahun dan anak-anak di bawah 12 tahun. Sedangkan untuk pengunjung yang berumur 12-59 tahun harga tiket terusannya adalah RM 174.
Soal wahana dan atraksi, jangan ditanya lagi. Taman bermain ini dilengkapi fasilitas dan permainan yang mumpuni. Uniknya, hampir semua bangunan di sini didesain seperti tumpukan lego. Legoland mulai beroperasi dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 7.00 malam.
Legoland bisa dijangkau dengan pesawat melalui Bandara Senai atau Changi Singapura, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat. Jika berangkat dari Kuala Lumpur, Anda dapat menyewa atau menaiki kendaraan pribadi. Jarak tempuh dari Kuala Lumpur ke Legoland sekitar 4 jam.

26. Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur merupakan ikon Ibu Kota Malaysia. Menara ini merupakan salah satu menara tertinggi di Malaysia selain Menara Kembar Petronas. Keunikan menara ini terletak pada lantai puncaknya yang bisa berputar hingga 360 derajat. Pada puncak menara terdapat restoran mewah yang menyajikan kuliner khas Malaysia.
Dari puncak menara, Anda dapat melihat lanskap Kota Kuala Lumpur yang menakjubkan. Sebaiknya Anda mengunjungi menara ini pada malam hari untuk menyaksikan gemerlap lampu kota yang memesona. Menara Kuala Lumpur dibuka untuk umum mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 10.00 malam.
Menara ini bisa dijangkau dengan berbagai angkutan umum seperti taksi, bus, dan kereta, karena letaknya strategis.

27. Lake Gardens
Lake gardens merupakan tempat wisata di Malaysia yang berlokasi di pusat Kota Kuala Lumpur. Tempat ini dapat dijangkau berbagai angkutan umum seperti bus, taksi, dan kereta.
Kompleks taman seluas 91 hektare ini memiliki banyak wahana wisata yang menarik, seperti Taman kembang Sepatu, Taman Rusa, dan Monumen Nasional, dan dibuka mulai pukul 09.00- 18.00.
Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk memasuki Lake Gardens. Anda bisa menyusuri seluruh kompleks taman dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Di taman ini terdapat penyewaan sepeda. Dengan harga RM 3 Anda sudah dapat mengelilingi taman selama 30 menit

28. Museum Kesenian Islam Malaysia
Museum Kesenian Islam Malaysia merupakan rumah bagi sejarah peradaban Islam di dunia dan Malaysia. Dengan mengeluarkan uang sebesar RM 12 Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan-peninggalan bersejarah yang dipamerkan di gedung berlantai 3 ini.
Untuk mengunjungi Museum Kesenian Malaysia Anda dapat menaiki taksi dari Kuala Lumpur City Center (KLCC) seharga RM 8. Museum mulai dibuka sejak pukul 10 pagi sampai 6 malam.

29. Sri Mahariamman
Sri Mahariamman merupakan situs agama Hindu yang terletak di daerah Chinatown di pusat Kota Kuala Lumpur. Di sekitar kuil ini terdapat Jalan Petaling yang merupakan pusat perbelanjaan dan kuliner tradisional. Sri Mahariamman selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat festival agama Hindu berlangsung.
Untuk berkunjung ke Kuil Sri Mahariamman Anda tidak akan dikenai biaya sama sekali. Anda hanya perlu menyewa loker untuk menyimpan alas kaki, karena pengunjung dilarang menggunakan alas kaki ketika masuk ke dalam kuil. Daya tarik utama kuil ini terletak pada bangunan dan arsitekturnya yang unik.
Sri Mahariamman dibuka setiap hari mulai pukul 6.00 pagi sampai 9.00 malam. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau taksi.

30. Desaru Fruit Farm
Rasakan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya di Desaru Fruit Farm. Di tempat ini terdapat buah-buahan khas negara tropis seperti durian, nangka, jambu air, dan sirsak. Desaru Fruit Farm merupakan rumah bagi 100 macam buah dari 10 spesies berbeda.
Dari Bandara Senai, Anda bisa menggunakan taksi atau menyewa kendaraan menuju Kota Tinggi, taman buah ini terletak sekitar 39m dari Kota Tinggi. Harga tiket masuk ke Desaru Fruit Farm dipatok sekitar RM 22 sampai RM 27. Anda juga dapat memilih beberapa paket tur dengan harga yang berbeda.
Tempat ini mulai beroperasi dari pukul 8.30 pagi sampai 6.30 malam.

31. Gurney Drive
Jika Penang dikenal sebagai Ibu Kota kuliner Malaysia, maka Gurney Drive merupakan pusat dari ibu kotanya. Gurney Drive merupakan pusat wisata kuliner yang berlokasi di Penang, Malaysia.
Ada berbagai macam ragam kuliner yang dijual di sini, mulai dari kuliner lokal sampai macanegara dan dari kuliner halal hingga nonhalal. Dari Bandara Internasional Penang, Anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai ke Gurney Drive. Tempat ini buka dari pagi sampai tengah malam, bahkan beberapa restoran ada yang buka selama 24 jam.

32. Pulau Manukan
Pulau Manukan merupakan pulau terbesar kedua di kawasan wisata Taman Tunku Abdul Rahman. Secara geografis, pulau ini terletak di bagian Malaysia Timur tepatnya di Sabah.
Untuk pergi ke Pulau Manukan, Anda harus ke Kota Kinabalu terlebih dahulu. Di kota tersebut terdapat Jetti Jesselton Point, di tempat ini kita dapat membeli tiket kapal untuk menyeberangi laut menuju Pulau Manukan.
Kita bisa memilih beberapa paket tur tergantung jumlah pulau yang ingin dikunjungi. Harga tiap paket juga berbeda. Untuk tur ke satu pulau saja, tiket kapal dipatok sekitar RM 23. Harga tersebut belum termasuk tiket terminal seharga RM 7,63.
Sesampainya di Pulau Manukan kita masih harus membayar tiket masuk seharga RM 10 untuk dewasa dan RM 6 untuk anak berumur di bawah 18 tahun. Daya tarik utama Pulau Manukan adalah air lautnya yang jernih. Anda dapat mengeksplorasi alam bawah laut pulau ini dengan menyelam atau snorkeling.
Pemberangkatan kapal dari Kota Kinabalu ke Pulau Manukan dibuka sejak pukul 8.00 pagi sampai 3.00 sore.

33. Taiping Zoo
Taiping zoo adalah salah satu tempat wisata di Malaysia yang memadukan wisata edukatif dan alam. Kebun binatang ini juga digunakan sebagai tempat untuk meneliti dan melindungi satwa.
Taiping Zoo berlokasi di bagian utara Semenanjung Malaysia. Saat ini di Taiping Zoo terdapat sekitar 1.200 fauna yang terdiri dari 140 spesies. Tempat ini dibuka setiap hari mulai jam 8.30-18.00. Tiket masuk ke Taiping Zoo dihargai sekitar RM 8,5 sampai RM 12.
Salah satu program menarik di Taping Zoo adalah Night Safari. Harga tiket Night Safari berbeda dengan harga tiket reguler. Program ini menawarkan tur mengelilingi kebun binatang saat malam hari. Tur dibuka dari pukul 8.00 sampai 11.00 malam.
Dari Kuala Lumpur, Anda bisa menggunakan bus, kereta api, menyewa kendaraan atau bahkan menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Taiping Zoo. Perjalanan dari Kuala Lumpur ke tempat ini dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam.

34. Bukit Bendera
Bukit Bendera merupakan kompleks wisata di dataran tinggi Penang. Di tempat ini, terdapat berbagai macam tempat wisata mulai wisata alam, situs agama Hindu, sampai pusat perbelanjaan. Dari Georgetown, tempat ini bisa dicapai dengan menaiki bus Transit Link nomor 1 atau 101 dan berhenti di Terminal Air Itam.
Dari Air Itam, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan trem khusus untuk mendaki Bukit bendera. Tiket menaiki trem dipatok dengan harga RM 4,50 per orang untuk sekali jalan. Sepanjang jalan menuju puncak, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan mata.
Mata Anda akan semakin dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan ketika kereta sampai di puncak Bukit Bendera. Dari puncak Anda bisa menikmati pemandangan alam sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat.
Sebaiknya Anda mengunjungi Bukit Bendera sebelum pukul 9.00 pagi, karena setelah itu antrean wisatawan akan membeludak dan membuat antrean trem semakin panjang. Trem mulai berangkat sejak pukul 6.30 pagi dan setiap setengah jam sekali akan mengangkut penumpang ke puncak Penang Hill.

35. Sam Poh Tong
Sam Poh Tong merupakan kuil gua alami yang berlokasi di Gunung Rapat, sekitar 5 km dari Ipoh. Di dalam kuil agama Buddha ini terdapat berbagai macam patung dewa. Sedangkan di langit-langitnya terdapat stalaktit dan stalagmit alami yang keindahannya mampu membuat siapa pun merasa takjub.
Dari Kuala Lumpur, Anda bisa menaiki bus atau kereta api untuk pergi ke Ipoh. Dari Ipoh, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyewa kendaraan atau taksi menuju kuil gua Sam Poh Tong. Kuil Sam Poh Tong dibuka mulai pukul 9.00 pagi sampai 18 petang.
Para pengunjung hanya diberi waktu satu jam untuk mengelilingi kompleks kuil. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun agar bisa masuk ke kuil gua. Tetapi sebaiknya Anda memberikan sedikit donasi kepada para Biksu dan Biksuni yang mengelola kuil.

Sumber:
traveloka.com
Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive