Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Friday, September 25, 2020

9 Cara Ampuh Memiliki Sifat Pantang Menyerah

Orang yang pantang menyerah akan tetap gigih berusaha meskipun banyak rintangan dan hambatan. Lalu apa manfaat dari pantang menyerah?
Anda dapat meraih kesuksesan. Ya, tujuan dan mimpi Anda akan tercapai jika Anda pantang menyerah. Selain tekad, usaha dan doa, sifat pantang menyerah dapat membuka jalan perjuangan Anda semakin lebar.

Untuk memiliki sifat pantang menyerah memang tidak mudah, tapi bisa dipelajari dan dibiasakan. Berikut ini beberapa cara ampuh agar Anda menjadi pribadi yang pantang menyerah.

1. Terus Motivasi Diri
Motivasi adalah bensin yang menggerakkan kita. Tidak perlu menunggu motivasi yang datang dari orang lain. Anda lah yang memiliki peran utama untuk memotivasi diri sendiri.
Tanamkan segala hal yang positif dalam pikiran dan benak Anda, termasuk untuk selalu berusaha dan tidak mudah menyerah.

Selain dari diri sendiri, jangan juga menutup pintu untuk belajar motivasi dari orang lain. Saat ini banyak sekali buku, diskusi hingga ceramah motivasi. Pilih mana yang cocok dengan tujuan Anda sekarang.
Pelajari bagaimana orang sukses pantang menyerah, mengambil resiko, menghadapi kegagalan dan sebagainya.

2. Yakin pada Kemampuan Diri Sendiri
Keyakinan pada kemampuan diri sendiri adalah pola pikir yang dapat mengiringi motivasi. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa dan dapat meraih apa yang menjadi tujuan.
Yakin dulu dan iringi keyakinan tersebut dengan usaha yang juga maksimal. Keyakinan dan motivasi akan menjadi benteng yang kokoh jika Anda sewaktu-waktu menghadapi rintagan.

Keyakinan ini juga termasuk ke dalam optimisme. Para ahli mengatakan bahwa orang yang memiliki optimisme tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil daripada orang yang pesimis.
Ini masalah mindset, jika Anda rajin berpikir hal positif, maka akan banyak hal yang juga positif mendatangi Anda.

3. Akui Kelemahan
Memang benar adanya jika akar dari keberhasilan untuk memiliki sifat pantang menyerah berasal dari diri sendiri terlebih dahulu. Ada kalanya kelemahan diri menjadi salah satu penyebab kesuksesan tertunda.
Namun perlu selalu diingat bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena kelemahan yang dipunya. Sebagai langkah awal menjadi pribadi yang pantang menyerah, Anda harus terlebih dahulu mengakui kekurangan. Sadari kelemahan tersebut dan cari cara untuk meningkatkan kelebihan yang Anda miliki.
Kelebihan tersebut dapat menjadi penutup dari kelemahan yang menjadi penghalang kesuksesan Anda. Tak hanya kekurangan diri dari segi mental atau skill, hal ini juga berlaku pada materi.

Jika Anda merasa tidak bisa berjalan karena tidak memiliki materi ini itu, maka mulailah dengan apa yang Anda miliki sekarang. Mulai saja dulu!

4. Ambil Resiko dengan Perhitungan Matang
Selain optimisme, perlu adanya tindakan nyata yang dapat menjadi sarana latihan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Berani mengambil resiko dengan catatan sudah memiliki perhitungan matang mengenai baik dan buruknya.

Salah satu pembeda dari orang sukses dan belum sukses adalah keberanian dalam bertindak. Ada kemungkinan orang sukses dan belum sama-sama memiliki ide brilliant, tapi yang dapat berhasil adalah orang yang mengeksekusinya.

Jika Anda sudah banyak melakukan tindakan yang mengambil resiko, Anda tentu juga akan banyak mengalami keberhasilan maupun kegagalan. Berkaca dari hal tersebut, tentu sifat pantang menyerah Anda juga akan semakin terasah.

5. Ambil Hikmah dari Kegagalan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk memiliki sifat pantang menyerah perlu sering diasah dengan resiko. Ada keberhasilan dan kegagalan.
Ketika Anda mengalami kegagalan ada baiknya untuk belajar dari peristiwa tersebut dan mengevaluasi proses penyebab kegagalan.

Salah satu senjata dari sifat pantang menyerah menghadapi kegagalan adalah menanamkan pikiran bahwa kegagalan ada maksudnya. Kegagalan terjadi karen ada pelajaran yang dapat diambil dari situ.
Kegagalan juga dapat menjadi batu loncatan untuk melompat lebih jauh lagi. Bisa jadi ketika Anda tidak mengalami kegagalan, jalan yang ditempuh untuk menuju kesuskesan semakin panjang.

Selain itu, pantang menyerah juga dapat ditempuh dengan mempelajari kegagalan orang lain. Hal ini juga menjadi penting agar Anda dapat meminimalisir resiko. Dengan begitu Anda akan lebih banyak menghemat waktu dan tenaga.

6. Berpikir Kreatif
Selain mempelajari maksud dari kegagalan, pelajaran lain yang dapat diambil dari kegagalan adalah problem solving. Proses penyelesaian masalah dapat menjadikan Anda lebih kreatif untuk memikirkan solusi dari permasalahan yang melanda.

Berpikir kreatif merupakan salah satu usaha untuk pantang menyerah. Tidak hanya berupa tindakan berupa fisik, pantang menyerah juga dapat dilakukan dengan memikirkan strategi yang baru.

7. Jangan Terlalu Tergesa-gesa
Hal yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan dalam usaha memiliki sifat pantang menyerah adalah menikmati proses. Jangan terlalu terburu-buru untuk sukses, kegigihan adalah kualitas, bukan kuantitas.

Ingatlah selalu ungkapan slow and steady wins the race, tidak terlalu cepat tapi konsisten.
Tergesa-gesa dapat membuat fokus Anda pecah. Terlebih jika Anda sedang berada di bawah.
Gigih tanpa langkah yang matang hanya agar segera bangkit lagi dapat membuat Anda terjatuh lebih dalam. Pantang menyerah di sini lebih pada persiapan pikiran dan mental yang lebih matang.

8. Jangan Terpengaruh Ucapan Orang Lain
Anda yang tahu seberapa besar kemampuan Anda. Anda sendiri juga yang tahu sudah sejauh mana Anda menuju tujuan.
Jadi, jika ada omongan orang lain yang merendahkan Anda ketika Anda mengalami kegagalan, biarkan saja. Anggap saja angin lalu, kalau kata netizen cuekin ajaa sayy!!

Ucapan orang lain akan memiliki dampak psikologi negatif pada mental jika Anda terlalu banyak memikirkannya. Hal ini dapat berakibat semakin lamanya waktu Anda untuk bangkit dari kegagalan.
Jadi, pilih dan pilah ucapan orang, ambil kritik yang membangun dan buang kritik yang semakin menjatuhkan.

9. Keluar dari Lingkaran Negatif
Lingkaran negatif yang dimaksud di sini dapat berupa lingkungan pergaulan negatif maupun siklus negatif. Pergaulan yang negatif lebih pada pergaulan yang penuh dengan rasa pesimis.
Hindari pergaulan yang dapat semakin menjauhkan Anda dari pribadi yang kuat, tangguh dan gigih.

Sedangkan siklus negatif lebih pada kesadaran diri sendiri. Siklus negatif yang seringkali terjadi adalah keyakinan akan kegagalan sebelum memulai.
Termasuk kebiasan overthinking yang dapat membuat Anda tidak segera bertindak atau melakukan eksekusi rencana.

Hindari overthinking dan ketidakyakinan akan kemampuan diri. Jika berhasil, maka Anda akan memiliki tekad yang lebih kuat dan kegigihan dalam menghadapi segala rintangan.

Sumber:
tipspengembangandiri.com
Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive