Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Monday, September 28, 2020

Berbagai Tempat Wisata di Bogor

Tidak salah jika Bogor menjadi tujuan destinasi yang paling banyak dituju selain Bandung, karena banyaknya tempat wisata di Bogor yang bisa dikunjungi. Terlebih, kota yang dijuluki sebagai Kota Hujan ini tidak jauh dari Jakarta yang membuat Bogor layak menjadi destinasi singkat mengisi waktu liburan dan akhir pekan.

Secara geografis, wilayah Bogor berbatasan langsung dengan Cijeruk dan Caringin di sisi selatan, Sukaraja dan Ciawi di sisi timur, Cilebut, Bojong Gede, dan Kemang di sisi utara, dan Kemang, Ciomas, serta Dramaga di sisi barat.

Buitenzorg, begitu julukan yang diberikan untuk Kota Bogor di era kolonial, memiliki suhu yang sejuk dan dingin, terutama di pagi dan malam hari. Sejarah mencatat, dahulu wilayah ini menjadi tempat berdirinya salah satu kerajaan bercorak Hindu-Budha, yaitu Kerajaan Tarumanegara.

Hal ini disebabkan karena Bogor dikelilingi oleh pegunungan dan dataran tinggi, sehingga cocok untuk wilayah pertahanan. Tanahnya pun subur, didukung dengan mudahnya akses ke berbagai daerah tujuan pusat perdagangan. Tak pelak, kerajaan lainnya pun akhirnya memilih untuk turut bermukim di wilayah ini.

Kini, Bogor telah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Berbagai objek wisata baru mulai bermunculan dengan keunikan masing-masing, membuat Bogor menjadi destinasi yang layak Anda pertimbangkan kala hendak mengisi waktu akhir pekan dan liburan. Jadi, tidak perlu bepergian jauh, karena Bogor memiliki hampir semuanya untuk menyempurnakan kunjungan Anda. 

1. Kuntum Farmfield
Bogor memang menjadi destinasi wisata paling tepat untuk wisata keluarga. Tak heran, karena kota ini memiliki beragam tempat menarik yang ramah anak, salah satunya adalah Kuntum Farmfield yang ada di kawasan Tajur. Di sini, Anda bisa mengajak sang buah hati bermain sembari belajar sekaligus mengajaknya mengenal alam lebih dekat.

Anda bisa mengenalkan sekaligus mengajak anak berinteraksi dengan berbagai jenis satwa, mengajarinya ilmu pertanian dan berkebun, hingga melihat indahnya bunga-bunga. Pun, anak bisa mengasah kreativitasnya dengan mengikuti kelas melukis topi caping di tempat ini. Bisa dibilang, Kuntum Farmfield menjadi objek wisata edukasi terbaik di Bogor.

2. JungleLand Adventure Theme Park Sentul
Bingung mencari tempat menarik untuk mengisi waktu liburan anak? Tidak perlu, ajak saja ia bermain dan bersenang-senang di JungleLand Adventure Theme Park. Berlokasi si kawasan Sentul City, taman ini memiliki luas hingga 35 hektare yang terbagi menjadi empat area dan dilengkapi dengak 36 wahana.

Keempat area tersebut adalah Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora. Tak tanggung-tanggung, banyaknya wahana yang ada membuat destinasi bermain anak ini berhasil menyandang predikat sebagai tempat wisata di Bogor dengan sarana bermain paling banyak di Indonesia. Selain bermain, Anda juga bisa menyantap aneka makanan lezat di JungleLand Adventure Theme Park Sentul.

3. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor bisa dikatakan menjadi objek wisata sekaligus ikon Kota Bogor. Bangunan ini menjadi salah satu dari total sebanyak enam Istana Kepresidenan. Kini, istana megah ini menjadi rumah dari Presiden Republik Indonesia dan rumah bagi presiden untuk menerima tamu negara.

Anda dibolehkan untuk melihat isi dalam istana hanya setelah meminta izin dari Sekretaris Negara atau Kepala Rumah Tangga Presiden. Namun, kunjungan ini hanya dikhususkan untuk rombongan, bukan pribadi. Biasanya, wisatawan atau pengunjung banyak menghabiskan waktu untuk berkeliling taman yang luas, memberi makan rusa-rusa dari balik pagar, atau sekadar berfoto.

4. Little Venice Puncak
Sekarang, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Venice untuk bisa merasakan kecantika kota tersebut, karena Bogor membangunnya khusus untuk mewujudkan mimpi Anda. Ya, Little Venice yang dibangun di kawasan Cipanas berhasil menarik perhatian wisatawan yang ingin menikmati sensasi liburan di Venice, Italia.

Dibuat dalam luasan yang lebih kecil, Little Venice tidak akan mengecewakan para tamu yang datang berkunjung. Pasalnya, Anda bisa menjajal sederet aktivitas yang mirip dengan di kota aslinya. Menyusuri sungai dengan menumpang gondola, menikmati bangunan-bangunan bergaya Eropa klasik di kiri dan kanan sungai, hingga bersepeda.

5. Taman Bunga Nusantara
Merasa penat dengan rutinitas yang seperti tidak ada akhirnya? Yuk, menyatu kembali dengan alam sembari menikmati indahnya bunga-bunga beraneka warna di Taman Bunga Nusantara. Objek wisata yang berada di kawasan Cianjur ini terbagi menjadi beberapa area, dan masing-masing area ditanami beraneka jenis bunga yang indah.

Salah satu area yang menjadi daya tarik tersendiri adalah Taman Rahasia. Area ini berupa labirin yang tentu saja mengundang rasa penasaran Anda. Konsepnya terinspirasi dari The Wall of Troy dan Maze Garden, dengan beberapa lorong buntu yang tampak seperti menipu. Bisakah Anda menaklukan taman labirin ini?

Kuliner di Bogor
Puas berjalan-jalan menikmati indahnya Kota Bogor, kini saatnya Anda memanjakan lidah dan perut dengan aneka kuliner khas Bogor.

1. Lumpia Basah Surya Kencana
Kawasan Surya Kencana memang dikenal memiliki beragam kuliner lezat, salah satunya adalah lumpia basah. Sekilas, mungkin kudapan ini tidak banyak berbeda dengan lumpia pada umumnya. Namun, cobalah mencicipinya, Anda akan merasakan kelezatan yang begitu menggugah selera. Hanya berisikan irisan telur, tauge, bengkoang dan tahu goreng, tetapi rasanya sangat juara.

2. Asinan Bogor
Berkunjung ke Bogor jangan sampai lupa untuk membeli kuliner khas Bogor satu ini. Tidak sulit menemukannya, tetapi yang paling melegenda rasanya adalah Toko Asinan Asli Bogor yang berlokasi di kawasan Jalan Juanda. Irisan sayur dan buah lengkap dengan kacang serta siraman kuah asam pedas terasa sangat menyegarkan, terutama kala matahari sedang panas bersinar.

3. Cungkring
Cungkring merupakan salah satu makanan tradisional Bogor yang belum banyak diketahui. Dalam Bahasa Indonesia, cungkring sendiri berarti kikil sapi, tetapi olahan ini terkadang juga menggunakan bagian urat dan kulit hewan ternak tersebut. Diproses dengan resep bumbu kuning, cungkring kemudian dicampurkan dengan irisan lontong dan disiram kuah kacang yang mirip dengan bumbu satai.

4. Doclang
Terakhir, ada doclang, makanan yang biasanya disantap ketika sarapan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencicipinya kala makan siang. Kuliner ini berupa kupat atau lontong yang ditambah dengan telur, kentang rebus, dan tahu goreng. Mirip cungkring, kuah kacang disiramkan di atasnya, bedanya hanya jenis kecap yang digunakan, yaitu kecap legendaris cap Zebra.

Tempat Menginap di Bogor
Tidak ada salahnya menghabiskan waktu lebih lama di Bogor. Namun, pastikan Anda sudah menemukan akomodasi yang tepat untuk beristirahat.

1. Bumi Katulampa - Convention Resort
Akomodasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu di kawasan Bogor Timur. Kuntum Farmfield dan Lippo Plaza Bogor menjadi pilihan objek wisata menarik yang terdekat dari tempat menginap ini.

2. Whiz Prime Hotel Padjajaran Bogor
Pilihan berikutnya hadir untuk Anda yang ingin berwisata di pusat Kota Bogor. Adalah Whiz Prime Hotel Padjajaran, akomodasi bintang 3 terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Istana Bogor, Kebun Raya, dan Monumen Kujang tidak jauh dari akomodasi ini.

3. Lorin Sentul Hotel
Nah, Anda yang ingin menjelajah kawasan Sentul lebih dalam bisa memiliki Lorin Sentul Hotel sebagai tempat menginap. Akomodasi bintang 4 ini letaknya tidak jauh dari Restoran Ah Poong, Sirkuit Sentul, dan sentra Belanja Bellanova.

Sumber:
traveloka.com

Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive