Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Saturday, September 26, 2020

Aneka Bubur Khas Asli Indonesia

Bubur merupakan istilah umum untuk mengacu pada campuran bahan padat dan cair, dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada padatan dan keadaan bahan padatan yang tercerai-berai. Dalam dunia kuliner, bubur adalah jenis makanan yang dimasak dengan cara menggodog bahannya sampai menjadi sangat lunak.

1. Bubur Ayam
Bubur ini tampaknya sudah bisa dijumpai di seluruh pelosok negeri. Bahkan, di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan lainnya, bubur ayam sudah banyak dijual di pinggir jalan.

2. Bubur Sumsum
Terbuat dari tepung beras, masih belum diketahui asal dari bubur sumsum ini dari Indonesia bagian mana. Bubur sumsum biasa disajikan dengan air gula merah.

3. Bubur Sagu
Berasal dari Ambon, bubur sagu terbuat dari sagu yang telah direndam kemudian direbus. Biasanya disajikan dengan kuah santan dan talas kukus.

4. Bubur Ketan Hitam
Terbuat dari beras ketan hitam, cara pembuatannya sederhana, tinggal direbus di dalam air gula, kemudian disajikan dengan santan.

5. Bubur Candil
Menggunakan bahan dasar ketela serta tepung tapioka, bubur ini juga cocok disantap saat buka puasa dan berasal dari pulau Jawa.

6. Bubur Baro-baro
Umumnya, bubur ini digunakan sebagai tanda kelahiran seorang anak. Cara pembuatannya pun mudah, cukup beras ketan yang direbus saja bersama dengan daun pandan dan disajikan dengan gula merah.

7. Bubur Jali-jali
Berasal dari salah satu jenis padi, bubur jali-jali ini dikatakan bagus untuk pencernaan. Tesksturnya pun kenyal sekaligus manis.

8. Bubur Suji Ayu
Terbuat dari kentang yang sudah dikukus, kemudian dicampur pula dengan tepung tapioka serta air suji. Lalu direndam bersama daun pandan, tak heran jika warnanya pun berubah alami menjadi kehijauan.

9. Bubur Cacah Talas
Sesuai dengan namanya, talas putih akan dicincang-cincang yang kemudian direbus dan disajikan dengan talas dipotong kotak dan santan.

10. Bubur Ase
Asalnya dari Betawi, namun bubur ase sudah jarang ditemui. Berbeda dengan bubur biasa, bubur ase bewarna gelap karena disiram dengan kuah semur daging dan umumnya ditambahkan aneka lauk sebagai pendamping.

11. Bubur Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari melancarkan aliran darah sampai bagus untuk nutrisi ibu hamil. Tentu saja, jika dimakan dengan tidak menggunakan santan.

12. Bubur Manado
Merupakan bubur yang gurih, bubur manado ini memiliki cukup banyak campuran. Mulai dari jagung manis, kemangi, bayam, labu dan aneka bumbu sekaligus ditambah topping lainnya.

13. Bubur Manggul
Khas dari Madura, bubur manggul menggunakan kuah udang dan ragam topping lainnya sebagai pelengkap. Kalau kamu suka seafood, tentu suka sekali menyantap bubur ini.

14. Bubur Mutiara
Bubur manis satu ini sudah sering kamu temui karena cocok sekali untuk disantap saat berbuka puasa, dan bisa dicampur dengan bubur manis lainnya seperti ketan hitam.

15. Bubur Kanji Rumbi
Berasal dari Aceh, bubur gurih satu ini sekilas mirip dengan bubur ayam, namun ada udang sekaligus rempah-rempahnya lebih banyak, bahkan ada cengkeh didalamnya.

Sumber:
utakatikotak.com
Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive