Berbagilah Dengan Sesama Tanpa Mengharapkan Apapun

Sunday, September 27, 2020

Berbagai Tempat Wisata di Bali

Bali merupakan salah satu pulau cantik di Indonesia yang namanya dikenal mancanegara. Ini disebabkan oleh pesona keindahan Bali yang menawan. Kawasan pantai yang indah, hijaunya persawahan, sampai dengan beraneka ragam atraksi tarian yang membuat semua mata terpaku. Karena bali terletak di di kepulauan, sangat jelas tempat wisata di bali dominan dengan pantai. Lalu apa saja persiapan untuk liburan ke pantai yang harus di bawa oleh traveler? Yang pasti harus selalu gunakan sunblock agar terlindung dari sengatan sinar matahari.

Bahkan saking populernya Bali di dunia, banyak orang-orang asing beranggapan bahwa Indonesia adalah bagian dari pulau Dewata. Padahal kenyataannya, kan, Bali adalah salah satu pulau yang membentang di tanah nusantara.

Pantai Sanur

Surga untuk para surfer di Bali, ini tempatnya! Ombak di Pantai Sanur sangat pas untuk surfing dan wisatawan banyak yang melakukan olahraga selancar di sini.

Selain ombaknya cocok bagi para surfer atau peselancar, tak jauh dari Sanur juga terdapat spot menarik untuk menyelam dan snorkeling, lho.
Jalan-jalan menyusuri pantai yang indah ini bisa membuat mata jadi segar kembali. Jika anda ingin menikmati sunrise datanglah ke Pantai Sanur di pagi hari, karena sunrise di Sanur sangat mempesona.

Lokasi : timur kota Denpasar.

Pantai Kuta

Dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara, tak ada yang luput untuk mengunjungi Pantai Kuta. Apa sih daya tarik pantai yang satu ini? Pertama adalah keindahan pantai yang mempunyai pasir putih dipadu dengan air laut yang biru, lalu biaya cukup terjangkau, lokasinya dekat dengan bandara, ombaknya sangat pas terutama untuk peselancar pemula, dan fasilitas pendukungnya sangat lengkap.

Pada jaman dulu, Pantai Kuta merupakan pelabuhan dan jadi pusat perdagangan. Kuta dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 1970. Apabila anda ingin menyaksikan sunset atau pemandangan matahari tenggelam di senja Bali, anda bisa datang ke Kuta. Konon sunset Kuta Bali adalah yang terbaik di dunia.

Jalan-jalan sore sambil ditemani sunset mempesona dan belaian angin sepoi-sepoi, wah, menyenangkan sekali! So, jangan lupa kunjungi Pantai Kuta yang mempesona bila berlibur ke Bali.

Lokasi : Kabupaten Badung, 1,5 km dari Bandara Ngurah Rai. Jika ditempuh dari Denpasar
membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Tanah Lot

Keindahan Tanah Lot sudah tidak diragukan lagi, terlebih ketika jelang matahari tenggelam. Di Tanah Lot ini ada 2 bangunan pura sebagai tempat untuk memuja dewa laut. Berdiri megah di atas sebuah karang besar di tepi laut.

Apabila air laut pasang, kita tak dapat berkunjung ke Pura Tanah Lot karena pura yang terletak di karang besar ini sudah pasti akan dikepung oleh air laut.

Tetapi bila air laut surut kita bisa melihat adanya ular laut di sekitar Pura Tanah Lot. Ular laut ini diyakini penduduk sekitar sebagai ular suci penjaga pura. Tidak perlu khawatir, karena ularnya sudah jinak.

Pantai Seminyak

Pantai Seminyak ini pun menyuguhkan panorama keindahan sunset atau matahari tenggelam yang cantik. Bila ingin berlama-lama di sini, tak perlu cemas. Ada banyak penginapan atau hotel di sekitar Pantai Seminyak yang bisa jadi pilihan untuk tempat istirahat.

Pantai Seminyak dikenal juga dengan nama Pantai Dhyanapura dan termasuk dalam pantai landai berpasir lembut.

Untuk tempat makan, di sekitar Pantai Seminyak terdapat berbagai pilihan restoran untuk mengisi perut. Pilih saja mana yang pas dengan selera kita. Garis pantainya dipenuhi payung-payung yang khusus disediakan bagi para tamu penginapan atau hotel.

Lokasi : Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.

Pantai Legian

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Pulau Dewata, Bali. Pantai Legian mempunyai pasir putih, akan tetapi lebih sepi jika dibandingkan dengan Pantai Kuta.

Memang keduanya terletak berdekatan, tetapi Pantai Legian ini cenderung dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dan suasana yang tenang saja.

Tidak cocok bagi anda yang suka dengan keramaian. Kuta cenderung ramai pengunjung setiap harinya baru pas bagi wisatawan yang senang dengan keramaian. Dibanding dengan wisatawan lokal, di sini akan dijumpai banyak wisatawan mancanegara, terutama dari Benua Australia.

Lokasi : utara Pantai Kuta.

Pura Uluwatu

Pura yang berada di tebing menjorok ke arah laut, dengan ketinggian kurang lebih 97 meter di atas permukaan air laut ini pun memiliki keindahan yang tak kalah mempesona. Termasuk juga keindahan sunsetnya.

Pura Uluwatu sangat kental dengan nuansa religius. Bagi yang ingin memasuki pura, diwajibkan mengenakan selendang dan sarung.

Hal ini dimaksudkan sebagai suatu tanda bahwa kita menghormati kesucian Pura Uluwatu. Di sekitar pura pun tampak kawanan kera yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai penjaga pura suci Uluwatu.

Pemandangan dari atas sungguh luar biasa, hijau pepohonan membentang dan birunya Samudera Hindia lengkap dengan ombak yang bergulung-gulung manja, terhampar sejauh mata memandang. Selain suguhan panorama memikat, kita pun akan disambut dengan tari kecak Uluwatu yang dimainkan oleh 50-100 orang penari.

Pantai Dreamland

Pantai pasir putih bersih dengan karang-karang di sekelilingnya dan tebing menjulang tinggi, merupakan pemandangan yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang datang berkunjung.

Pantai Dreamland yang berada di bawah dinding karang curam, sangat pas sebagai tempat menikmati matahari tenggelam atau sekedar melihat para peselancar air tengah beraksi. Ya, pantai ini kini menjadi salah satu spot surfing baru di Bali dan banyak pula diminati para peselancar.

Lokasi : Kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta golf link resort), sekiar 30 menit bila menempuh perjalanan dari Pantai Kuta.

Pantai Padang-padang

Pantai dengan panorama menawan yang juga banyak dikunjungi wisatawan di Bali adalah pantai Padang-Padang. Pantai ini memiliki nama lain Pantai Labuan Sait.

Kita dapat memakai kendaraan bermotor dan menempuh jarak sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai dan bila tidak mau repot menuju kawasan wisata ini dapat menyewa mobil lengkap dengan sopir.

Pantai Lovina

Pantai yang terkenal masih alami ini menjadi salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Pulau Dewata, Bali. Pantai wisata di Bali bagian utara ini pun mempunyai keunikan tersendiri sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan. Apa uniknya, sih?

Ternyata di Pantai Lovina ini kita dapat menjumpai banyak lumba-lumba! Wow, bagi para pecinta ikan bermulut mancung dan imut ini pasti sangat kerasan berada di Pantai Lovina. Tidak hanya sekedar melihat dari kejauhan saja.

Akan tetapi kita dapat pula menyewa perahu atau kapal nelayan untuk dapat mendekati kumpulan lumba-lumba. Membayangkannya saja sudah asyik, ya. Untuk penginapan, di sini banyak terdapat penginapan dengan harga yang miring sampai dengan cottages pun harganya terjangkau. Nah, tunggu apa lagi. Ke Lovina saja kalau ingin berkumpul dan bercengkerama dengan si lumba-lumba lucu.

Lokasi : kurang lebih 9 km arah barat kota Singaraja.

Pura Besakih

Kompleks Pura Besakih yang terkenal sebagai pusat aktivitas semua pura yang ada di Bali ini mempunyai sebuah pura pusat yang bernama Pura Penataran Agung Besakih, 18 pura pendamping yang terdiri atas 1 pura basukian atau pura tempat pertama kalinya wahyu Tuhan turun dan di terima oleh Hyang Rsi Markandeya.

Inilah asal muasal adanya agama hindu yang berkembang di Bali hingga saat ini. Di kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah yang terbesar, termasuk upakara yang paling banyak yaitu di Pura Penataran agung.

Pura Penataran Agung memiliki 3 arca yang merupakan simbol dari 3 sifat Tuhan, dalam agama Hindu disebut dengan tri murti, yaitu : Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa, perlambang dari Dewa pencipta, pemelihara, dan reinkarnasi.

Lokasi : Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Sangeh

Sangeh, salah satu kawasan wisata di Bali yang terkenal dengan banyaknya populasi monyet yang ada di sana. Bagi penyuka binatang cerdas ini, bisa jalan-jalan ke Sangeh, ya.

Di tengah Sangeh juga terdapat sebuah pura yang dulunya bekas bangunan dari Kerajaan Mengwi. Tetapi sekarang pura tersebut sudah dialihkan ke penduduk.

Nama pura yang dibangun oleh Kerajaan Mengwi tersebut adalah Pura Bukit Sari. Menurut cerita rakyat setempat, monyet yang ada di Sangeh mempunyai seorang raja dan raja monyet menguasai 3 wilayah kerajaan.

Lokasi : Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Pantai Jimbaran

Pantai yang letaknya searah dengan Tanjung Benoa dan Nusa Dua ini, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Denpasar dan sekitar 10 menit dari Bandara Ngurah Rai jika lewat jalan By Pass Ngurah Rai.

Di Pantai Jimbaran yang indah ini, kita dapat menemukan beraneka ragam jenis ikan segar tangkapan para nelayan.

Kehidupan masyarakat pesisir Pantai Jimbaran memang kebanyakan sebagai nelayan. Pusat pelelangan ikan di Kabupaten Badung ada di sebuah desa di Jimbaran. Karena banyaknya hasil laut atau hasil laut yang begitu melimpah didapatkan penduduk.

Memicu mereka untuk membuka restoran di tepian Pantai Jimbaran. Perlu diketahui bahwa Pantai Jimbaran ini berdekatan dengan Pantai Kedonganan yang warganya juga sebagian besar bekerja sebagai nelayan.

Lokasi : Kabupaten Badung.

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan danau terbesar yang ada di Bali. Selain lukisan alam yang indah dan eksotis, danau ini juga menyuguhkan udara atau hawa segar dan letaknya di dekat Gunung Batur.

Tidak heran kalau kawasan wisata Danau Batur Kintamani bisa menyedot banyak wisatawan baik lokal atau asing berkunjung ke sini. Terutama wisatawan mancanegara yang di buat kagum oleh keindahan alam di danau batur.

Berwisata ke tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang mengalami stres berat, karena dapat membantu mempuat perasaan lega dengan kepadatan dan penat dalam diri.

Lokasi : Daerah Kintamani, Bali.

Nusa Dua

Nusa Dua adalah kawasan yang terkenal mewah, dengan kebersihan yang selalu terjaga dan pepohonan yang ditata dengan apik dan rapi. Apabila ditempuh dari kota Denpasar, jaraknya sekitar 40 km untuk sampai di Nusa Dua.

Pantai yang indah ini memiliki keeksotisan yang memukau, dengan air laut yang biru muda dan pasir putih ini membuat traveler di manjakan pemandangan yang tak pernah di lihat sebelumnya. Menikmati pantai ini sangat cocok untuk snorkeling melihat keindahan bawah laut yang menawan.

Lokais : Bali bagian tenggara (terujung).

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa terkenal sebagai pusatnya permainan air dan water sport yang ada di Bali. Ini disebabkan oleh keadaan Pantai Tanjung Benoa yang tergolong tenang, sehingga aman dan memungkinkan untuk melakukan kegiatan olahraga air.

Jenis permainan air yang terdapat di Pantai Tanjung Benoa diantaranya : jet ski, water ski, banana boat, snorkeling, sea walker, flying fish, donat boat, parasailing, wake board, scuba diving, dan lain-lain.

Sementara kegiatan lain yang bisa kita lakukan di Tanjung Benoa ialah melihat penyu raksasa yang ada di Pulau Penyu, dekat Pantai Tanjung Benoa. Tetapi jika ingin sampai ke pulau tersebut kita harus menyeberang memakai perahu. Pantai berpasir putih bersih ini memberi kita pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Lokasi : Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung.

Danau Beratan Bedugul

Danau ini ada di kawasan pegunungan dan memiliki pesona alam yang memikat, sejuk, asri. Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kemari selain dari suasana alamnya adalah berdirinya sebuah pura di tepi Danau Beratan Bedugul.

Pura ini bernama Pura Ulun Danu. Dan untuk mencapai ke Danau Beratan Bedugul apabila kita dari bandara Ngurah Rai, dapat ditempuh sepanjang kurang lebih 6 km.

Namun, bila kita dari arah Singaraja, jarak yang ditempuh untuk mencapai danau ini adalah sekitar 41 km jalur darat.

Lokasi : Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Adalah taman wisata di selatan Bali. Di Garuda Wisnu Kencana ini rencananya akan didirikan maskot Bali yaitu Dewa Wisnu yang tengah menunggangi garuda. Patung ini akan dibuat raksasa yaitu berukuran tinggi 12 meter.

Garuda Wisnu Kencana yang juga dikenal dengan sebutan GWK mempunyai sebuah patung garuda juga yang mempunyai ketinggian 18 meter, tepat di belakang Plaza Garuda.

Kini Garuda Plaza memiliki sebuah lorong besar dengan pilar dari batu kapur kolosal dan luas ruangan termasuk juga ruang terbuka hingga 4000 m2 yang disebut dengan Lotus Pond. Lotus Pond biasa dipakai untuk perhelatan internasional dan dapat menampung kurang lebih 7000 orang.

Lokasi : Nusa Dua, Kabupaten Badung. Kira-kira 41 km selatan Denpasar.

Tampak Siring

Tampak Siring yang diambil dari nama sebuah desa di Gianyar, dikenal juga dengan sebutan Tirta Empul. Yang menjadi pemikat wisatawan lokal dan asing mengunjungi Tampak Siring adalah Pura Tirta Empul tersebut.

Tampak Siring merupakan sisa candi pada masa Kerajaan Bali. Yang juga memiliki sejarah di baliknya. Tampak siring yang menyedot perhatian wisatawan dengan budaya adat bali yang cukup kental ini, dapat sekaligus memahami dan mempelajari budaya bali.

Lokasi : Kabupaten Gianyar.

Art Center

Bali Art Center merupakan suatu jenis bangunan budaya dengan arsitektur tradisional Bali. Di kompleks bangunan ini disediakan pula panggung sebagai tempat pementasan seni. Dan di sini pula menjadi tempat pengembangan budaya Bali.

Bali yang banyak terdiri dari beberapa bangunan dengan desain yang unik layaknya candi, tentunya memiliki nilai plus tersendiri. Seperti di art center yang di kelilingi patung-patung khas bali yang membuat suasana bali lebih terasa.

Ubud

Bagi yang menyukai seni lukis atau ukiran Bali bisa datang ke Ubud. Karena di sinilah pusatnya kesenian lukis serta ukir Bali. Dari Bandara Denpasar dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Ubud bisa di katakan tempatnya seni di bali, berbagai macam karya seni akan ada di seni, terlebih karya seni pahat dan ukiran khas bali yang memiliki banyak nilai dan arti. Para traveler yang memiliki minat dalam bidang seni dapat membeli pernak-pernik berbagai seni di ubud.

Lokasi : Kabupaten Gianyar.

Pura Taman Saraswati

Pura ini adalah tempat memuja Dewi Saraswati atau Dewi Pengetahuan. Yang menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke sini adalah adanya kolam yang berisi bunga teratai di pura.

Jadi panggung untuk pertunjukan tari kecak yang diadakan di Pura Taman Saraswati tersebut dikelilingi oleh kolam teratai.

Selain itu bila anda ingin melihat ukiran Bali, sangat tepat datang kemari. Karena bangunan pura dipenuhi dengan ukiran indah dari para seniman Ubud, Bali. Ingin menikmati suguhan tari kecak? Jadwalnya adalah tiap hari selasa dan kamis, mulai pukul 19.30 dengan tarif Rp 75.000,- per orang.

Lokasi : Jalan Raya Ubud.

Ubud Monkey Forest

Di sini kita dapat melihat dan berinteraksi dengan banyak kera. Dari namanya saja semua pasti sudah tahu, kan? Obyek wisata ini termasuk ke dalam wilayah hutan lindung dan di dalamnya pun terdapat sebuah pura suci umat hindu. Sebenarnya Ubud Monkey Forest bukan merupakan nama asli dari kawasan wisata ini, melainkan Mandala Wisata Wenara Wana.

Akan tetapi lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary. Harga tiket masuk untuk obyek wisata ini adalah Rp 30.000,- untuk dewasa, Rp 20.000,- untuk anak-anak (3-12 tahun), parkir mobil Rp 5000,- per mobil. Hawa sejuk akan menyambut kedatangan kita dan tampak pepohonan tinggi nan rindang menghiasi areal Monkey Forest.

Di dekat pintu masuk banyak penjual pisang, kita bisa membelinya untuk makanan kera-kera di dalam. Tempat wisata ini buka mulai jam 08.00-18.00. Banyaknya petugas yang berjaga di areal wisata ini, memberi kenyamanan lebih pada pengunjung. Karena memang ada kera yang sifatnya sangat agresif, jadi membuat wisatawan panik dan kurang nyaman.

Maka dari itu, untuk menghindari sifat agresif kera, datang atau berkunjunglah ketika kera sudah kenyang yaitu sekitar pukul 14.00. Kalau datang kemari sebaiknya simpan saja barang-barang yang mencolok seperti kacamata atau anting-anting ke dalam tas sehingga tidak menarik perhaian para kera.

Selain itu berjalan tetap pada areal yang telah ditetapkan dan jangan keluar dari areal itu atau anda akan diserang para kera karena mereka mengira anda mengusik wilayahnya. Dan jangan pula menyakiti salah satu kera, karena kawan-kawannya dapat menyerang anda balik.

Lokasi : Jalan Monkey Forest, Ubud.

Arma Museum Ubud

Museum Arma Ubud ini berisi koleksi lukisan, patung-patung, dan memiliki kebun yang bernuansa budaya Bali. Banyak tanaman anggrek yang cantik menghiasi kebun.

Koleksi lukisan yang ada di Arma Museum, antara lain : lukisan pre war, lukisan kamasan, lukisan beraliran modern tradisional, dan lukisan karya orang eropa yang menetap di Pulau Dewata.

Untuk masuk ke Arma Museum kita harus membayar tiket seharga Rp 50.000,- itu sudah termasuk teh dan kopi yang bisa kita minum di kafe dalam Arma Museum.

Lokasi : Jalan Pengosekan, Ubud, Gianyar.

Tari Kecak

Bagi para wisatawan yang tengah berkunjung ke Bali, rasanya tidak lengkap kalau belum nonton pertunjukan tari kecak atau yang disebut juga pertunjukan tari kecak api.

Pertunjukan tari kecak cuma bisa kita lihat di malam hari saja, biasanya dimulai sekitar pukul 19.00.
Untuk daerah Ubud, pertunjukan tari kecak yang terkenal dipentaskan di dua tempat yaitu : Pura Dalem Ubud dan Padang Tegal Kaja Ubud. Harga tiketnya berkisar antara Rp 75.000,- sampai dengan Rp 80.000,- per orang.

Lokasi : kawasan Ubud, Bali.

Sawah Ubud

Apabila anda tengah ada di Bali, jangan lupa kunjungi sawah terasering Ubud. Sawah yang berada di lahan atau tanah yang sangat miring ini ada di daerah Desa Tegalalang.

Di tepian jalan Desa tegalalang banyak terdapat warung-warung makanan dan minuman dengan pemandangan sawah terasering yang hijau dan membuat mata segar.

Selain di Desa Tegalalang, Ubud, kita pun dapat menyaksikan pemandangan sawah terasering di Pupuan (Tabanan), Jatiluwih (Tabanan), Busung Biu Buleleng, Karangasem, dan Antosari (Pantai Soka).

Lokasi : Desa Tegalalang, Ubud.

Gua Gajah

Gua yang terkenal di Bali ini mempunyai suasana yang sejuk dengan pepohonan hijau yang rimbun di sekelilingnya. Untuk sampai ke Gua Gajah, dari parkiran kita harus turun lewat tangga dan dari tangga ini kita juga sudah dapat melihat Gua Gajah. Sampai di bawah ada air yang gemericik asalnya dari pancuran arca.

Di pintu masuk tampak ukiran dan patung penjaga. Pintu masuk gua hanya muat satu orang. Gua ini bentuknya huruf T dengan panjang 2 meter dan lebar 2 meter.

Di dalamnya ada ceruk yang dahulu dipakai untuk bertapa, arca ganesha, patung pertirtaan, dan tujuh patung widyadara-widyadari dengan memegang air suci.

Lokasi : barat desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Ayung Rafting

Ada yang suka olahraga ekstrim seperti rafting? Bisa datang ke Bali dan melakukan rafting di sini. Bagi yang belum tahu, rafting itu adalah menjelajah derasnya sungai dengan memakai perahu karet. Beberapa sungai yang terkenal sebagai tempat rafting di Bali adalah Sungai Ayung yang terletak di Desa Payangan, dan Sungai Telaga Waja.

Untuk sampai ke Sungai Ayung, dari Bandara Ngurah Rai Kita butuh waktu sekitar 1 jam dan melewati beberapa titik wisata yang juga terdapat di Pulau Dewata, seperti Sanur dan Kuta. Sampai di tempat awal rafting Ayung, kita akan diberi pengarahan oleh instruktur sebelum mengarungi sungai. Pengarahan yang berisi tentang kegiatan rafting dan pengenalan alat keselamatan dan perlengkapan rafting seperti dayung, perahu karet, dan jaket pelampung.

Untuk 1 perahu akan diisi oleh 4 orang ditambah seorang instruktur. Wow, mengarungi derasnya sungai sepanjang 12 km ini ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam, sangat seru dan menantang! Sepanjang perjalanan kita juga bisa foto-foto di batuan pinggir sungai dengan latar belakangnya yang berupa ukiran.

Menarik! Sampai di stopping point akan ada tempat istirahat termasuk juga handuk gratis dan makan siang buffet yang disediakan penyelenggara. Bagi anak-anak pun dapat mencoba rafting di Sungai Ayung, karena arusnya yang tidak deras, tetapi tetap diawasi oleh orang tua.

Lokasi : Desa Payangan, Ubud.

Obyek Wisata Populer Bali Lainnya
Museum Puri Lukisan Ubud : Jalan Raya Ubud, Kabupaten Gianyar
Museum Neka Ubud : Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Ubud.
Museum Blanco Ubud : Jalan Raya Penestanan, Ubud.
Tari Barong Ubud
Lempad House : Jalan Dewi Sita, Ubud
Yeh Pulu Relief : Jalan Yeh Pulu, Blahbatuh, Bedulu, Gianyar.
Pura Gunung Lebah : Jalan Raya Ubud no.23.
Bedugul (wisata alam berupa pegunungan dan danau yang indah) : Kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan.
Kintamani (sama dengan Bedugul, menyuguhkan panorama danau dan pegunungan nan cantik) : Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.
New Kuta Green Park Pecatu (sejenis wisata air) : Pecatu, Kuta Selatan, Badung.
Pasar Sukawati (Pasar seni yang sangat populer di Bali dan terkenal hingga luar negeri) : Desa Sukawati, Gianyar.
Museum Bajra Sandhi (Museum berisi tentang perjuangan rakyat Bali) : Renon, Denpasar.
Alas Kedaton (hutan lindung) : Tabanan.
Batik Galuh (pusat batik Bali) : Desa Batubulan.
Gua Lawa (Memiliki banyak kelelawar) : Klungkung.

10 Wisata Air Terjun Terkenal di Bali
Air Terjun Kembar Gitgit : dikenal juga dengan nama twin waterfall. Ketinggian sekitar 35 meter. Lokasi di Buleleng.
Air Terjun Singsing : Desa Kemukus, Banjar.
Air Terjun Angseri : ada di lokasi pemandian air panas Angseri, Tabanan.
Air Terjun Juwuk Manis : Desa Manggissari, Pekutatan, Jembrana.
Air terjun Bertingkat Gitgit : Tak terlalu tinggi. air terjun bertingkat dua yang indah.
Air Terjun Aling-aling : Banyak dimanfaatkan untuk hiking, dekat dengan Singaraja.
Air Terjun Lembah Jian : Bengkel Bungsubiu, Singaraja.
Air Terjun Yeh Mempeh : Desa Les, Tejakula, Buleleng.
Air Terjun Jembong : di sekelilingnya ada perkebunan cokelat, terletak di Desa Ambengan Sukasada
Air Terjun Carat : Diberi nama ini karena bentuk air terjun persis seperti kendi untuk air minum yang masyarakat Bali biasa sebut dengan caratan.

Tempat Snorkeling di Bali
1. Blue Lagoon, Karangasem
Tempat yang terletak di Bali Timur, tepatnya Padangbai ini sangat cocok untuk melakukan snorkeling bersama keluarga karena airnya yang tenang dan tentu saja mempunyai panorama bawah laut memikat. Spesies yang dapat kita temui di Blue Lagoon antara lain morish idol, kura-kura.

2. Tulamben, Karangasem
Lokasi tepatnya di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu. Selain keindahan bawah lautnya yang sangat pas untuk melakukan snorkeling bersama keluarga, ada hal lain yang menarik minta wisatawan untuk melakukan penyelaman dangkal di sini.

Pada kedalaman 30 meter, kita dapat menjumpai kapal US Liberty yang tenggelam akibat torpedo kapal selam Jepang pada tahun 11 Januari 1942. Spesies ikan yang dapat dijumpai di sini yaitu jack fish, ribbon ell, mimic octopus, dan lain-lain.

3. Nusa Lembongan, Klungkung
Pantai yang memiliki pasir putih dengan birunya air laut ini sangat pas untuk snorkeling. Pasalnya Nusa Lembongan kaya akan beragam terumbu karang dan juga aneka macam ikan dan binatang laut lainnya.

4. Nusa Penida, Klungkung
Untuk mencapai Nusa Penida, kita harus naik perahu terlebih dahulu selama kira-kira 45 menit perjalanan dari Sanur. Spot snorkelingnya antara lain ; Crystal Bay, Toya Pakeh, Manta Point. Spesies yang ada di sini diantaranya : barakuda, angle fish, napoleon, dan bermacam koral.

5. Pulau Menjangan, Singaraja
Pulau Menjangan dengan pasir putihnya menjadi salah satu spot snorkeling yang menarik di Bali. Pemandangan di sekelilingnya yang banyak terdapat tebing dengan gua dan kelelawar yang bersarang di dalamnya menjadi salah satu yang membuat Menjagan bertambah unik. Spesies yang ada di sini antara lain : teripang, ikan badut, anemone, dan koral, ada pula bulu babi serta bintang laut di dasarnya.

6. Pemuteran, Singaraja
Kalau kita snorkeling di Pemuteran, kita akan disuguhi dengan pemandangan penangkaran koral dan spesies atau biota laut yang beragam diantaranya anemone, lion fish, dan lobster. Baiknya melakukan snorkeling pagi hari, karena kalau siang air akan jadi keruh.

Wisata Kuliner Enak di Bali
Warung Nyoman
Di Warung Nyoman ini menu andalannya adalah ayam betutu khas Bali. Harganya terjangkau dan rasanya mantap. Kalau pesan ayam betutu pasti akan disertai dengan nasi, sambal, beserta dengan sayur. Karena ini adalah satu paket. Warung buka mulai pukul 10.00-22.00.

Lokasi : Jalan Raya Bedugul.

Café Degan
Konsep rumah joglo jawa dengan nuansa klasik, membuat kita semakin betah berada di Café Degan ini. Makanannya lezat dengan menu tak hanya tradisional Indonesia seperti tahu telur, tetapi juga menu masakan Thailand seperti pad thai, gai hor bai toey, dan sebagainya.

Lokasi : Jalan Petitenget 9, Seminyak.

Sanur Night Market
Sanur Night Market dikenal juga dengan sebutan Pasar Sindhu. Memang dari pagi hingga siang pasar ini seperti pasar lainnya, ada transaksi jual beli. Namun, malamnya Pasar Sindhu seperti disulap jadi sentra kuliner yang enak dengan beragam makanan mulai dari makanan ringan, makanan berat sampai bermacam jenis minuman, tersedia di sini. Pasar Sindhu buka sampai tengah malam.

Bale Udang Mang Engking
Sudah terlihat dari namanya, kan? Ya, Bale Udang Mang Engking mengusung masakan khas sunda. Dengan konsep tempat makan saung terapung di atas kolam, menambah keunikan tempat makan ini. Menu andalannya selain bermacam olahan udang, juga ada karedok, gurame cobek, sop buntut, dan lainnya. Buka 10.00-22.00.

Lokasi : Jalan Nakula 88, Kuta.

Bali Strawberry Farm and Restaurant
Selain makan makanan lezat, di sini kita juga bisa menikmati indahnya kebun stroberi dan berkeliling di agrowisata stroberi. Menu yang tersedia antara lain nasi goreng stroberi, es krim stroberi, kue stroberi, dan sebagainya.

Lokasi : Jalan Raya Baturiti Bedugul.

Warung D’Sawah
Tempat makan ini memiliki pemandangan persawahan yang indah. Beberapa menu andalan Warung D’sawah antara lain : menu khas Indonesia, western serta oriental. Dijamin membuat lidah berdansa.

Lokasi : Jalan Raya Kerobokan Kelod 17, Kuta.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Tiap hari tempat makan ini ramai oleh pengunjung. Menu juaranya adalah paket yang isinya nasi, ayam, sate lilit, telur, sambal teri kacang, sambal pedas, ditambah urap. Rasanya mantap ditambah konsep lesehan, tak heran kalau tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi : Jalan Kedewatan 18, Ubud.

Bakers Corner
Apabila anda mencari aneka kue dan roti yang lezat datanglah ke tempat ini. Selain kue dan roti ada menu lain tersedia di Bakers Corner yaitu sop butut dan bebek krispi.

Lokasi: Jalan Teuku Umar 173, Denpasar.

Mama San Bali
Tempat wisata di bali yang wajib di kunjungi selanjutnya adalah tempat makan mama san bali. Tempat makan dengan bangunan elegan ini menyajikan beragam menu khas nusantara dan juga dari negara tetangga, seperti makanan Thailand, Vietnam, makanan khas Kamboja. Menu juaranya adalah crispy lamp ribs with ginger dan thai fish cake. Buka pukul 11.00-14.00 dan 18.00-23.00 tiap hari.

Lokasi : Jalan Raya Kerobokan.

Bebek Bengil
Menu andalannya adalah bebek krispi dengan daging bebek yang empuk dan bumbu yang meresap. Pokoknya enak sekali dan pas jika membawa sanak saudara dan keluarga untuk makan di sini. Selain meu bebek krispi, menu lain yang bisa jadi pilihan adalah : gado-gado, urap, nasi campur bali, dan sebagainya.

Lokasi : Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud.

Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan
Balutan bumbu kuning sangat lezat dan krispinya ayam mampu membuat ketagihan. Selain ayam yang nikmat menu lain di warung ini adalah pesmol gurame dan lele. Buka dari pukul 10.00-24.00.

Lokasi : Jalan Raya Puputan Renon, Denpasar.

Ayam Presto Genteng Biru
Menu andalannya adalah ayam presto dan bebek presto. Bagi yang suka pedas bisa pesan ayam bakar presto pedas. Konsep dari tempat makan ini tetap lesehan. Menu yang maknyus ditambah ngeleseh, pas sekali dijadikan pilihan tempat makan bersama keluarga.

Lokasi : Jalan Diponegoro 151, Denpasar.

Warung Mina
Warung makan yang terkenal murah dan enak ini menyajikan menu antara lain : gurame asam manis, gurame goreng, gurame tepung, gurame filet santan kemangi, dan lainnya.Yang unik Warung Mina menyediakan paket mengibung, satu paket makanan lengkap dengan alas daun pisang yang ditaruh pada nampan besar.

Lokasi : Jalan Raya Dalung, Denpasar.

Mie Kober
Menu andalannya adalah mie iblis dan mie setan. Mie iblis merupakan mie goreng yang dimasak di atas panggangan dari pelat besi dan tingkat pedas bisa disesuaikan. Sementara mie setan adalah mie kuah yang kepedasannya juga bisa disesuaikan. Di sini juga tersedia es genderuwo yang sekilas serupa dengan es campur.

Lokasi : Jalan Bedugul no.37A, Denpasar.

1. Berenang di ujung tebing: Infinity pool di One Eighty
Kolam infinity pool yang berada di atas tebing memang bukan hal yang baru, namun di sini Anda akan menemukan yang tiada duanya.
Dengan dasar yang terbuat dari kaca jernih, infinity pool yang berada di ketinggian lebih dari 150 meter dan menghadap Samudera India ini siap memberi Anda sensasi berenang di atas lautan. Anda bisa menjumpai kolam renang keren ini di One Eighty, sebuah bar dan restoran yang berada di The Edges Villa, Uluwatu.
Kapan lagi bisa merasakan berenang sambil “melayang” di udara dengan deburan ombak di bawahnya?


Tak hanya dari kolam renang, panorama samudera sejauh mata memandang ini juga bisa dinikmati dari kamar-kamar yang ada di villa ini. Asyik kan membayangkan bersantai sambil menyeruput segelas cocktail dan melihat pemandangan yang spektakuler?
Oh iya, hampir setiap villa di properti ini juga dilengkapi dengan kolam kecil pribadi dan pelayan pribadi… Jadi siap-siap aja dimanjakan seharian!

2. Berenang di antara lautan awan: Mundik Moding Plantation
Pernahkah Anda membayangkan bisa menyentuh awan?
Impian tersebut mungkin bisa terwujud di sini.
Dari ujung kolam renang infinity pool sepanjang 18 meter yang ada di Munduk Moding Plantation, gumpalan awan rasanya bisa dijangkau dengan tangan.
Ya, awan-awan putih bak kapas itu terhampar luas di hadapan Anda dengan panorama perkebunan kopi di bawahnya.


Suasana magis yang ditawarkan tempat ini bukan cuma hamparan awan putih saja lho.
Didesain oleh arsitek kenamaan asal Bali, Popo Danes, interior resort ini memadukan unsur tradisional Bali dan gaya modern secara apik yang menyatu dengan alam sekitarnya. Hanya ada sembilan villa dan tiga kamar suites di sini, jadi kalau mau menginap sebaiknya pesan dari jauh-jauh hari.
Dari dalam kamar, Anda tinggal menggeser pintu kaca saja untuk bisa menikmati keindahan pemandangan perkebunan kopi yang dikelilingi hutan.


3. Menyelami pemandangan gunung berapi yang dramatis: Villa Sidemen
Bali bukan hanya terkenal akan pantai-pantai indahnya saja, namun juga memiliki beberapa gunung berapi – baik yang masih aktif maupun tidak.
Bayangkan, betapa kerennya bisa bangun di pagi hari dengan disambut pemandangan gunung berapi?
Anda bisa merasakannya sendiri di Villa Sidemen, di mana setiap tamu yang menginap tak hanya disuguhi panorama gunung berapi tertinggi di Bali, Gunung Agung, namun juga atmosfer yang begitu sunyi dan menenangkan.
Dan Andapun bisa menikmati pemandangan keren tersebut langsung dari kamar (bahkan dari atas tempat tidur!), karena tiap kamar dilengkapi jendela-jendela besar.


Tempat-tempat anti-mainstream dengan panorama alam luar biasa
Keindahan alam Bali memang tak perlu diragukan lagi. Sayangnya, tempat-tempat indah tersebut sudah banyak yang disesaki wisatawan.
Ingin mencari tempat yang jauh lebih sepi namun dengan pemandangan alam yang menakjubkan? 

4. Berayun-ayun di atas danau: Puncak Danau Buyan Wanagiri
Jika ayunan raksasa di Zen Hideaway terasa belum cukup menantang, cobalah ayunan yang nggak kalah mendebarkan ini yang berayun-ayun di atas Danau Buyan – salah satu danau indah di Bedugul.
Ayunan unik ini menggantung pada sebuah pohon besar nan kokoh, jadi Anda nggak perlu waswas!


Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana caranya bisa mencapai ayunan tersebut. Tenang, ada birai yang bisa dipanjat untuk menuju ke sana.
Kalau nyali Anda belum cukup untuk naik ayunan tersebut, silakan bersantai sambil foto-foto saja di gardu pandang yang ada di dekatnya.
Tak jauh dari tempat ini (sekitar 5 menit berkendara), ada pula sebuah ayunan berbentuk sarang burung raksasa yang sangat Instagrammable!


5. Menerawang di rumah pohon yang unik: Rumah Pohon Batu Molenteng
Terletak di ujung Nusa Penida, tepatnya menghadap Pantai Atuh – rumah pohon yang indah ini merupakan destinasi kekinian di pulau ini yang belakangan jadi buruan para Instagrammer karena panoramanya yang dramatis.
Begitu naik ke rumah pohon ini dan melihat pemandangan sekitarnya, Anda pasti bakal dibuat terkesima. Mulai dari Pantai Atuh yang cantik serta pulau-pulau kecil mirip Raja Ampat, sampai tebing-tebing tinggi, batu-batu karang, juga pebukitan yang amat elok!


Untungnya rumah pohon ini dilengkapi dengan sebuah tangga, jadi Anda nggak perlu repot memanjatnya. Siapkan saja bekal yang cukup untuk bersantai di puncak bukit sambil menyaksikan keindahan alam ini!

6. Hamparan permadani jingga: Desa Temukus
Kalau biasanya pemandangan desa didominasi warna hijau, maka di Desa Temukus Anda akan dibuat takjub oleh lautan bunga-bunga berwarna jingga!


Bunga Marigold atau Gemitir merupakan bunga yang kerap digunakan dalam berbagai ritual adat masyarakat Bali. Dan di sinilah salah satu ladang terbesarnya! 
Desa Temukus merupakan sebuah desa sunyi di kawasan Bali Timur, tak jauh dari pura paling suci umat Hindu Bali, Pura Besakih. Banyak warganya yang menanam bunga ini, sehingga Anda akan mudah sekali menjumpai padang bunga Gemitir di sini. Tapi jangan asal nyelonong masuk ya, minta ijin pemiliknya dulu!
Tak hanya Gemitir, di area ini juga terdapat padang Bunga Kasna. Kalau mau ke sini, waktu terbaiknya adalah sebelum musim panen agar Anda bisa menyaksikan lautan bunga-bunga putih yang menyerupai salju! (biasanya sebelum hari besar keagamaan).



Bermalam di akomodasi yang unik dan nyentrik
Kalau ke Bali, rasanya sayang kalau menginap di hotel yang biasa-biasa saja.
Untuk pengalaman liburan yang maksimal, cobalah bermalam di tempat-tempat yang tak hanya unik, namun juga kreatif ini!
Catatan: Harga di bawah adalah harga saat low season, belum termasuk service charge dan pajak. Harga hotel seringkali berubah tergantung high/low season dan ketersediaan kamar. Kami sarankan Anda untuk memeriksa kembali harga final sebelum mengonfirmasi pesanan.

7. Bangun pagi bersama sekelompok zebra: Mara Safari Lodge
Ingin merasakan liburan di Afrika?
Kini Anda nggak perlu terbang jauh-jauh ke benua hitam tersebut, cukup ke Mara River Safari Lodge.
Terletak di jantung kawasan Bali Safari and Marine Park, resort ini menjanjikan pengalaman menginap yang tak akan terlupakan, dengan segala keunikan dan berbagai aktivitasnya.
Tak hanya bisa memberi makan zebra, badak dan gajah langsung dari balkon kamar….
Anda juga bisa menyaksikan menyaksikan tingkah polah mereka sambil berendam di kolam renang!


Atau mau makan bersama sekawanan singa di Tsavo Lion Restaurant? Bisa!
Resort ini cocok sekali untuk Anda yang sedang berbulan madu romantis atau liburan bareng keluarga. Kalau datang dengan pasangan, makan malam romantis di restorannya menawarkan atmosfer yang penuh kesan. Namun jika Anda suka bertualang, cobalah ikut aktivitas safari malam di mana Anda bisa “terjun” langsung ke tengah-tengah hewan buas di alam liar.
Ada pula kebun binatang mini untuk si kecil, aneka atraksi satwa dan juga pertunjukan kolosal Bali Agung!
Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin kami ceritakan soal tempat ini, tapi sebaiknya Anda datang dan nikmati sendiri saja. Dijamin nggak akan menyesal!

8. Berkemah di tempat yang nyaman dan… mewah!: Sandat Glamping Tents
Glamping atau glamourous camping merupakan tren terbaru yang memungkinkan siapapun bisa merasakan sensasi berkemah namun dengan kenyamanan ala bintang lima.
Di Sandat Glamping Tents, Anda bisa menyatu dengan alam tanpa harus menanggalkan kemewahan, fasilitas modern, dan tentunya… wifi.

Photo Via Andreacacopardi,Stefanoscata,Hippieinheelsblog
Pecinta alam sejati mungkin mengernyitkan dahi mendengar tren ini, tapi kalau bisa berkemah dengan gaya, kenapa tidak?

9. Bak menginap di rumah terapung: Villa Laksmana Hideaway II
Apakah Anda suka bermain air? Apakah Anda pernah membayangkan rasanya menjadi puteri (atau putera) duyung?
Kalau jawabannya “Ya”, maka Anda pasti akan jatuh hati dengan water villa yang menawan ini. Inilah satu dari sedikit villa di Bali yang dikelilingi oleh air.


Bahkan, hal pertama yang akan Anda lihat setibanya di sini adalah kolamnya!
Anda juga akan mendapatkan dua beanbags besar yang nyaman untuk sekadar bersantai, atau berjemur sembari mencelupkan kaki di kolam.
Tempat shopping kekinian
Bazaar, pasar akhir pekan, butik dan banyak lagi!
Kata siapa di Bali cuma ada pemandangan indah dan tempat makan saja?
Jangan sampai ketinggalan tren hipster Pulau Dewata dengan berkunjung ke pasar-pasar akhir pekan serta butik-butik yang menjual aneka pernak-pernik unik, perabotan rumah tangga hingga busana!

10. Bazaar paling trendi di kawasan hipster: Love Anchor
Anda pasti tahu kan kalau Canggu dikenal sebagai daerah paling hipster di bali?
Nah, kalau menyusuri Jalan Batu Bolong setelah matahari terbenam, pasti Anda akan menjumpai sebuah pasar kecil yang Instagrammable di antara beberapa restoran, café, bar dan pertokoan. Pasar kecil itu bahkan diterangi lampu-lampu hias nan centil.
Dan setiap hari Minggu, area ini menjelma menjadi sebuah bazaar yang keren dengan gerai-gerai dadakan.


Di sini Anda bisa menemukan gerai yang menjual produk-produk fashion yang unik dan trendi, dekorasi rumah, hingga benda-benda seni. Tak ketinggalan juga barang-barang lucu untuk anak-anak!
Lelah berkeliling, Andapun dapat bersantai membeli minuman saat promo Happy Hour!
Catatan: Meskipun tempat ini sangat fotojenik, namun harga barang-barang yang ditawarkan agak mahal dari biasanya. Namun tetap asyik kok untuk dikunjungi!

11. Aneka pernak-pernik rumah yang menggemaskan: Rose Avenue Bali
Anda tak harus menjadi penggemar bunga ros untuk bisa berkunjung ke Rose Avenue. Terkenal akan dinding bagian depannya yang dihiasi aneka gambar mawar merah dan pink, Rose Avenue menawarkan pernak-pernik rumah yang lucu-lucu, mulai dari alat pembuka botol berbentuk nanas sampai ayunan dari rotan.


Jadi, kalau sedang berada di Bali dan kebetulan sedang berencana menghias rumah, mampirlah ke toko ini maka Anda nggak akan menyesal.
Ingin berswafoto dengan latar belakang bunga-bunga mawar yang centil? Anda bisa melakukannya di sini.
Uniknya, barang belanjaan Anda akan ditaruh di kantong belanja yang dipenuhi tulisan “Stop and smell the roses”.
Kalau mengira barang-barang yang dijual di Rose Avenue hanya yang berwarna pastel dan feminin saja, maka Anda salah. Ada juga produk-produk dengan warna mencolok, seperti gantungan mantel/handuk berbentuk flaminggo, atau dekorasi rumah berbahan kayu serta kuningan.
Siapa tahu dengan berkunjung ke sini Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk mendekorasi isi rumah.
Kami hanya ingin memberi satu saran: Awas kalap!

12. Di antara lautan kerajinan dan karya seni khas Bali: Pasar Seni Sukawati
Mengunjungi Pasar Seni Sukawati sepertinya tak akan pernah puas.
Dengan ukurannya yang begitu luas serta lorong-lorong yang sempit, menyusuri tempat ini seperti sedang menjelajah mencari harta karun.
Di sini Anda akan menemukan bermacam-macam barang kerajinan. Tas buatan tangan, mangkuk kayu, pernak-pernik, kain batik hingga lukisan semua ada. Harganyapun jauh lebih murah daripada di Ubud!
Tentu saja tak ketinggalan aneka dekorasi rumah yang cantik-cantik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


Mengingat banyaknya penjual yang menjajakan barang serupa, ada baiknya Anda luangkan waktu terlebih dahulu untuk menjelajahi keseluruhan sudut pasar ini supaya bisa menemukan harga terbaik dengan kualitas paling ciamik.
Tip: Kalau mau puas ke sini, setidaknya luangkan waktu setengah hari.
Tempat makan dengan pemandangan keren!
Kalau ingin memanjakan diri saat liburan, maka cara yang paling tepat adalah dengan bersantap di tempat-tempat makan yang tak hanya menyuguhkan makanan lezat namun juga pemandangan yang cantik.
Dari restoran di tepi sungai, di dalam gua, sampai di atas bukit, semua tempat makan yang kami rekomendasikan ini menawarkan kedua hal tersebut.

13. Menikmati pizza tungku kayu bakar ditemani hamparan sawah: Gong Jatiluwih Restaurant and Lounge
Bersantap itu sebaiknya dilakukan dalam atmosfer yang santai, dan itulah yang akan Anda rasakan jika berkunjung ke Gong Jatiluwih Restaurant and Lounge. Tempat makan yang menghadap ke arah hamparan sawah berundak ini memiliki semua yang Anda butuhkan.

Photo Via Erytriana_iie_-nitapurnamas
Cobalah menu favorit di sini, yaitu pizza yang dimasak dengan tungku kayu bakar! Rotinya yang tipis dan renyah serta topping lezatnya rupanya telah memikat banyak penikmat kuliner.
Kalau lidah Anda kurang suka yang kebarat-baratan, maka pesanlah menu prasmanan tradisional Bali dengan harga hanya Rp100.000 saja per orang. Dijamin puas!
Bukan hanya orang dewasa, banyaknya pilihan menu di sini pasti juga bikin anak-anak makan dengan lahap!

14. Makan malam romantis ditemani temaram 100 lilin: Swept Away
Terletak di The Samaya Ubud, bagian restoran berupa area dek kayu di tepi sungai yang amat indah ini menciptakan suasana makan malam yang amat santai sekaligus syahdu.
Rasakan atmosfer yang begitu relaks sembari diiringi aliran sungai yang begitu menenangkan di bawah Anda. Selain Anda dan pasangan, di sini hanya akan ada pohon-pohon kelapa serta aneka tanaman. Serasa dunia milik berdua.


Di malam hari, suasana Swept Away akan tambah hidup dengan layanan makan malam ditemani 100 buah lilin. Perpaduan antara cahaya lilin yang menari di gelapnya malam, serta suara percikan air sungai sungguh terasa magis dan istimewa.


Meskipun dek kayu dan furniture di tempat ini tampak simpel, namun Swept Away menyajikan beragam pilihan menu yang sangat eklektik dan cocok untuk dinikmati semua orang.
Duduk, santai, dan biarkan semua rasa gundah Anda terhanyut oleh aliran sungai di Swept Away.

15. Fine dining tak terlupakan di dalam gua rahasia: Samabe Cave and Beach Dinner
Apakah Anda berniat membawa pasangan ke tempat yang sangat istimewa untuk kencan makan malam spesial? Maka tak ada yang lebih istimewa daripada di sini, makan malam di dalam gua yang terdapat di pantai pribadi.


Selain begitu tersembunyi, dan Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di lautan dari tempat ini. Benar-benar pengalaman yang romantis dan mengesankan!
Para chef dan staf di Samabe siap untuk menyuguhkan hidangan five-course set menu, sementara Anda dan pasangan bersantai diiringi suara deburan ombak.
Tersedia pula menu spesial yang diciptakan khusus untuk berdua, yaitu ‘Sweet Love Symphony’ yang memadukan dua resep rahasia. Penasaran? Ayo segera ajak pasangan ke sini!
Minum teh cantik di sore hari
Bingung ingin mengisi sore di Bali dengan cara apa lagi? Bagaimana kalau sambil menikmati sajian teh dan kue-kue alias afternoon tea layaknya orang Inggris?

16. Ngeteh sambil melihat “Stonehenge”: Standing Stones Restaurant (The Royal Purnama)
Restoran Standing Stones yang berada di The Royal Purnama sangat mencuri perhatian di antara tempat makan lain di Bali karena satu alasan sederhana.
Anda lihat sendiri kan, di mana lagi ada restoran dengan formasi bebatuan menjulang yang dilatarbelakangi oleh pasir hitam dan laut biru yang indah?
Coba bayangkan, tanpa pasir dan air laut, maka suasananya agak menyerupai Stonehenge di Inggris. Ya, setidaknya mirip dikitlah. Nah, mumpung sedang ada di lokasi yang mirip dengan tempat di Inggris, kenapa tidak sekalian menikmati jamuan teh ala Inggris?


Anda bebas memilih, mau menikmati teh sambil bersantai di halaman rumput, atau ngadem di dalam restoran? Di mana pun Anda duduk, pastinya Anda akan disuguhkan pemandangan yang spektakuler.
Di Standing Stones Anda dapat menikmati koleksi teh premium dari Femmes Dammann French, termasuk juga minuman andalan Standing Stones, yaitu Earl Grey Blend.
Untuk melengkapi acara minum teh sore Anda, tersedia pula pastry, aneka kue dan biskuit yang disajikan dalam nampan bertingkat. So classy!
Dan kalau ingin membakar kalori setelah menyantap banyak kue, Anda tinggal membayar Rp350.000 untuk bisa dapat bersantai di gazebo sekaligus berenang di kolam renang yang ada di samping restoran.
Dijamin, minum teh di Standing Stones jauh lebih menyenangkan dibanding pergi ke Stonehenge.

17. Pengalaman minum teh penuh warna: Mad-T Party di W Lounge (W Retreat & Spa Bali)
Saking menyenangkannya, acara minum teh di sini dinamai seperti pesta minum teh yang ada di film Alice in Wonderland, yaitu A Mad-T Party!
Jangan lupa untuk mengisi penuh baterai kamera dan ponsel Anda, karena akan ada banyak foto-foto yang keren untuk diunggah ke Instagram.
Minum teh di W Lounge pastinya akan membuat rasa galau Anda hilang seketika, karena suasananya bakalan penuh warna.
Bukan hanya tehnya saja yang spesial, begitu pula kue-kue bertema Alice in Wonderland yang pastinya akan membuat Anda tersenyum. Tak sekadar cantik, kue-kue ini juga lezat, lho!


Kalau masih butuh alasan lain untuk menikmati sore hari di sini, maka kami tahu persis apa yang Anda suka: jelly beans!
Dan asyiknya, Anda juga bisa berenang di kolam mereka yang cantik tanpa pembelanjaan minimum.
Yuk, buruan ajak semua teman-teman untuk menghabiskan sore di hotel yang super funky ini!

18. Terapung-apung di lautan: Puri Santrian Bar
Jika pemandangan dari tepi laut di Puri Santrian Bar belum cukup memuaskan Anda, maka cobalah yang satu ini:
Berenang menuju sebuah gazebo terapung di tengah laut, setelah Anda menghabiskan semua minuman.


19. Ngeri sih… tapi seru: Frankenstein’s Laboratory
Apakah Anda penggemar film horor?
Kalau iya, Anda pasti bakal menyukai Frankenstein’s Laboratory, yang tidak hanya memiliki tema unik, tapi juga bar paling menyeramkan di Bali.
The Lab adalah tempat di mana Anda bisa memesan cocktail dengan komposisi aneh yang disajikan di botol dan tabung percobaan serta jarum suntik.


Dan uniknya, Anda bisa memesan sesuatu yang tak terdapat di daftar menu. Kalau ingin bereksperimen, mintalah para “ilmuwan sinting” di sana untuk meracik sesuatu sesuai kehendak Anda.
Mumpung di sana, cobalah cicipi menu Monster Bites di restorannya, atau menyaksikan pertunjukan Dancing Dead Cabaret yang personilnya terdiri dari para zombie berlumuran darah, Dracula dan tentu saja Si Frankenstein.

20. Minum-minum sambil berayun-ayun: The Bamboo Bar
Keunikannya menjadikan The Bamboo Bar pantas disebut sebagai karya seni.
Tempat ini dirancang oleh seorang arsitek asal Bali dan dibangun sepenuhnya menggunakan bahan baku bambu. Tak hanya indah namun juga ramah lingkungan
Bagian terbaiknya adalah kursi-kursi gantung yang ada di sekeliling area bar, di mana Anda dapat menikmati cocktail sambil berayun dalam buaian bambu.

Photo Via Tagelisjr
Alasan lain untuk datang ke tempat ini? Mocktail, pizza tipis yang lezat, dan koneksi WiFi-nya yang mumpuni.
Karena bar ini berada di tepi pantai, maka Anda juga dapat bermalas-malasan sambil berjemur di sana.
Atau kalau tidak terlalu mabuk mungkin Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai sambil bermain air, atau bahkan berenang.

21. Memeluk beruang madu yang menggemaskan: Pod Chocolate Factory & Café
Ya, beruang madu adalah predator dan memeluk mereka mungkin terdengar nekad. Tapi Pod Chocolate Factory & Café membuatnya mungkin bagi Anda.
Tempat ini didirikan oleh seorang Australia bernama Toby Garritt dengan tujuan untuk menciptakan coklat terbaik di dunia. Perlahan tapi pasti, dia mencapai tujuannya. Bisa dilihat dari ulasan-ulasan positif yang sudah mereka dapatkan untuk coklat ciptaannya.
Kalau Anda mengunjungi toko yang berlokasi di tengah-tengah perkemahan gajah ini, Anda akan dibawa berkeliling ikut tour dan mengetahui secara detail bagaimana biji kakao dipanen. Kalau mau, Anda bahkan bisa mencoba membuat coklat sendiri.
Dan ya, Anda juga bisa memeluk satu dari tiga beruang madu yang dipelihara oleh The Pod Chocolate Factory & Café ini. Konon, beruang-beruang ini diselamatkan dari para pemburu. Beruang madu memang predator, tapi tenang saja, mereka cukup jinak dan Anda akan ditemani oleh pawang. Ingin mencobanya?


Catatan dari Kami: TripCanvas MENENTANG keras segala bentuk kekerasan terhadap binatang! Salah satu penulis kami telah berkesempatan mengunjungi Pod Chocolate Factory and Cafe dan mendapati beruang madu yang berada di sana benar-benar dirawat dengan baik dan tidak dalam keadaan stres. Namun, perlu dicatat bahwa binatang liar seperti beruang tidak seharusnya berada di dalam kandang. Namun membebaskan mereka kembali ke alam liar tanpa rehabilitasi juga dapat menjadi ancaman kelangsungan hidup mereka. Jika Anda memiliki kontak atau mengetahui organisasi yang mampu merehabilitasi dan merawat beruang dengan lebih baik, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih!
Liburan ke Bali belum lengkap kalau nggak menginap di villa yang menyuguhkan pemandangan dramatis yang mengagumkan.

22. Serasa berada di Yunani: Morabito Art Cliff
Temuan terbaru kami di Bali ini benar-benar mengingatkan akan Santorini yang eksotis di Yunani.
Ya, Anda nggak usah bayar tiket pesawat mahal-mahal untuk ke Eropa, cukup melipir ke sini saja untuk merasakan suasana layaknya di Santorini!
Nikmati waktu santai di siang hari sambil berendam di bak jacuzzi yang menghadap ke lautan biru. Begitu malam menjelang, angin laut bisa dirasakan dari bak yang diterangi lampu-lampu LED.


Tempat ini pas sekali untuk pasangan yang ingin menikmati liburan romantis, karena Anda berdua bakal dimanjakan habis-habisan.

Sekadar info, mereka juga memiliki akomodasi lain yang membawa Anda dalam suasana ala Marseille (Prancis) dan sebagainya!

23. Surga di tengah alam bebas: Saranam Resort and Spa
Dari setiap kamar yang ada di Saranam Resort and Spa, Anda bisa bangun pagi dan langsung memandangi hamparan persawahan dan gunung-gunung.
Masing-masing kamarnya dilengkapi dengan balkon pribadi, jadi Anda bisa puas menikmati keindahan alam yang terbentang di luar sana. Kamar dengan pemandangan pegunungan menawarkan sentuhan klasik dan elegan dengan citarasa yang mewah.


Berlokasi di kawasan Bali Tengah, hawa di daerah ini jauh lebih adem dan menyegarkan daripada di Selatan. Hotel ini bertengger di lereng bukit, dan dilengkapi dengan kereta listrik untuk membawa tamu naik ataupun turun.


Kalau ingin mengganjal perut, ada L’Altitude Restaurant yang menyuguhkan kue-kue saat sesi afternoon tea. Anda juga bisa mencoba aneka sajian tapas, makanan kecil, jus segar dan makanan sehat di Café Toya.
Menginap di sini nggak bakal ada istilah bosan, karena Saranam Resort and Spa berjarak hanya sekitar 10 km saja dari Pura Ulun Danu Bratan maupun Bali Treetop Adventure.
Tips dari kami: Saat ini, pihak hotel sedang melakukan renovasi besar-besaran dan beberapa bagian dari hotel masih dalam proses pembenahan. Kami anjurkan Anda untuk mengecek terlebih dahulu pada pihak hotel sebelum melakukan reservasi untuk memastikan bahwa kamar yang Anda pesan jauh dari area renovasi.

Tak peduli apakah Anda memiliki anak atau tidak, kalau berkunjung ke taman-taman hiburan yang ada di Bali ini pasti Anda akan mendapatkan pengalaman yang teramat menyenangkan. Ada taman rekreasi air terhebat di Asia Tenggara, sampai petualangan liar bersama berbagai satwa dari seluruh dunia!

24. Basah-basahan di taman rekreasi air terbaik di Indonesia: Waterbom Bali
Waterbom merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Bali terutama jika Anda penyuka wahana taman hiburan. Mulai dari perosotan ekstrem Constrictor, hingga kolam arus yang santai, siapapun baik tua maupun muda bakal bersenang-senang di sini!


Bagaimana kalau Anda bukan termasuk orang yang suka dengan taman hiburan?
Tenang, di Waterbom ada fasilitas lain kok, seperti refleksologi, fish spa, atau memanjakan diri dengan mani pedi.

25. Main bersama singa dan orangutan: Bali Safari and Marine Park
Mengajak anak-anak ke Bali Safari and Marinei Park pasti akan langsung membuat Anda jadi orang tua paling asyik. Dengan lebih dari 60 spesies hewan liar, juga aneka pertunjukkan yang menarik, menghabiskan waktu di sini nggak akan bikin anak-anak bosan.


Kalau menurut Anda pertunjukkan satwa itu membosankan, pasti belum coba Safari Malam!
Begitu mulai malam, bergabunglah dengan tur menjelajahi area taman satwa ini di mana banyak hewan-hewan malam mulai beraktivitas.
Menyaksikan komodo, mengunjungi gua kelelawar dan berjumpa dengan burung hantu serta lemur semua bisa dilakukan di Bali Theatre. Tapi yang paling seru adalah Safari Malamnya! Anda akan dibawa dalam kandang yang kokoh untuk mengelilingi “belantara Afrika” yang liar dan ganas selama 20 menit.
Akhiri malam dengan pertunjukan fire dance dan jamuan barbekyu di N’kuchiro Bar Grill.


Pengalaman kuliner yang tak biasa
Bersantap di Bali tak bisa disamakan dengan di tempat-tempat lain di Indonesia.
Anda mungkin bisa menjumpai banyak tempat makan yang menawarkan aneka menu tradisional bahkan menjamu tamunya dengan huburan seni, namun di tempat-tempat makan ini Anda akan benar-benar dibawa ke dunia yang berbeda!

26. Bersantap di puing pesawat di tengah sawah: Keramas Aero Park
Ada beberapa obyek terbengkalai di Bali, dan yang paling absurd dari semua itu adalah bangkai-bangkai pesawat.
Inilah salah satunya, sebuah pesawat yang teronggok di tengah-tengah areal persawahan. Adakah hal aneh yang lebih dari ini?
Meski kami tak tahu dari mana datangnya pesawat tersebut, area tersebut sebenarnya adalah sebuah restoran dan bar bernama ‘Keramas Aero Park’, yang berlokasi tak jauh dari Pantai Keramas (sering dijuluki ‘the next Kuta’).


Jika Anda perhatikan, warna dari pesawat tersebut sudah berubah, dan itu terjadi saat rekonstruksi sebelum restoran secara resmi dibuka untuk umum. Saat pertama diboyong ke area ini, sebelumnya pesawat tersebut berwarna putih dengan logo sebuah maskapai penerbangan nasional. Namun, kini pesawat tersebut berwarna biru.

27. Sensasi makan malam di Yunani: Slippery Stone
Begitu masuk ke tempat ini, Anda pasti akan bertanya-tanya “Ini di Yunani atau masih di Bali ya?”. Wajar saja, karena restoran yang terletak di daerah Batu Belig ini begitu total dalam mengusung tema ala Yunani.
Kehadiran dinding batu, pilar-pilar berukir, tanaman anggur yang merambat liar, serta patung-patung khas Yunani menghasilkan atmosfer khas Yunani yang sangat otentik. Elegan, namun tidak kaku.
Bahkan area tamannya didesain sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana seperti sedang bersantap di bawah matahari senja. Pokoknya, tiap sudut tempat ini sangat fotojenik deh!


Bagaimana dengan makanannya? Tentu saja menu yang disajikan adalah hidangan khas Yunani yang terkenal enak dan juga sehat. Semuanya dimasak dengan cara tradisional seperti di negara asalnya.
Kemampuan mengubah bahan-bahan sederhana menjadi hidangan lezat, sehat dan berkelas adalah salah satu alasan mengapa kami menyukai hidangan khas Yunani. Dari buah zaitun, minyak zaitun, sayur-sayuran hasil kebun, daging kambing, daging sapi, sampai keju yang digunakan pun semuanya merupakan kualitas terbaik!
Bisa dibilang, Slippery Stone adalah satu-satunya tempat di Bali di mana Anda bisa menikmati hidangan sehat penggugah selera di tengah indahnya suasana Yunani.
PS: Kabar baik bagi Anda yang sedang diet, karena semua masakan di sini diolah tanpa menggunakan mentega atau lemak. Bahkan dagingnya pun sengaja dipilih yang rendah lemak!
Dan satu lagi yang tak boleh dilewatkan, tiap hari Minggu pengunjung yang datang ke sini akan dihibur oleh pertunjukan tari perut, fire dance, dan juga drag queen show!

28. Berkunjung ke perkampungan gipsi: La Laguna
Lokasinya berada di daerah Berawa, Canggu sekitar 10 menit perjalanan dari Seminyak.
La Laguna menampilkan suasana yang sangat eksotis dengan dekorasi bergaya bohemian layaknya sebuah pemukiman kaum gipsi (lengkap dengan karavan antik!).
Terletak tepat menghadap pantai yang berpasir putih, kafe ini tak hanya nyentrik, namun juga menarik perhatian karena sangat kaya akan warna-warni dari berbagai ornamen, serta bantal-bantal empuk yang berpadu dengan perabotan yang didominasi unsur kayu.


Makanya jangan heran kalau La Laguna langsung jadi lokasi favorit semua orang untuk berfoto dan mengunggahnya ke Instagram. Lihat sendiri betapa banyaknya spot untuk background foto yang menarik!


Selain menawarkan tampilan dan suasana yang lain daripada yang lain, kafe ini juga menyajikan bermacam hidangan yang siap menggugahkan selera Anda. Lengkapi acara santai sore Anda dengan ditemani segelas La Laguna Breeze Cocktail sambil mencicipi sederetan pilihan menu tapas.
Terakhir, yang membedakan tempat ini dari kafe lainnya adalah adanya burung-burung merak yang sangat cantik yang berkeliaran ke sana ke mari!

29. Mau makan, berenang, atau makan sambil berenang?: Folk Pool & Gardens
Terkadang dalam hidup ini kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sulit, namun di Folk Pool & Gardens Anda nggak usah bingung memilih apakah harus mencari tempat makan atau tempat ngadem sambil berenang. Lakukan saja keduanya bersamaan!
Seperti ditebak dari namanya, kolam renang dan taman yang asri menjadi daya tarik utama dari tempat ini. Di sekeliling kolam terdapat beberapa gazebo cantik berkapasitas 4 orang lengkap dengan ranjang empuk di mana Anda bisa bersantai atau bahkan bersantap.


Kalau tak ingin menikmati makanan di gazebo, tersedia pula pilihan meja kayu yang unik di area Joglo Bar atau area Garden untuk kongkow dan piknik sambil melihat-lihat pemandangan.
Menu yang disajikan di sini sangat beragam, dari hidangan Indonesia sampai internasional. Ada Pizza, Pork Ribs, Spinach Lasagna, aneka sandwich, Sate Ayam, hingga Rijstaffel.


Pokoknya asyik banget deh kalau ke sini bareng teman-teman. Tak hanya siang hari, begitu malam suasananyapun tambah romantis dengan pencahayaan yang keren.

Mendengarkan kata “Bali” pasti sudah terbayang deretan panorama alam indah yang memukau, mulai dari air terjun, pantai, hingga lanskap-lanskap unik lainnya.
Khusus untuk Anda, kami akan merekomendasikan tempat-tempat wisata alam tersembunyi yang jarang diketahui orang!

30. Kecantikan yang mengesankan: Air Terjun Tukad Cepung
Anda pasti tahu kalau air terjun di Bali keren-keren. Salah satunya yang masih jarang dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Tukad Cepung.
Suasana di sini benar-benar serasa di alam liar! Anda harus banyak memanjat dan mendaki untuk bisa menjumpai si cantik ini, oleh karena itu kenakanlah alas kaki yang sesuai.
Tak kalah penting, jaga baik-baik lingkungan di sekitar air terjun ini sebagaimana warga setempat menjaganya. Begitu melewati turunan, mendongaklah dan lihat tebing yang mengelilingi air terjun dengan aliran air dari sungai di atasnya.


Kami sudah banyak mendengar cerita dari mereka yang sudah berkunjung ke Tukad Cepung. Karena air terjun ini tergolong masih perawan, makanya tidak ada tiket masuk resmi. Namun salah seorang wisatawan mengaku dikenai biaya Rp10.000 untuk memasuki kawasan ini.
Tetaplah waspada jika memutuskan berkunjung ke sini, dan cari informasi tentang tinggi air sebelum berkunjung. Pasalnya, di musim hujan ketinggian air bisa sangat ekstrem dan berbahaya.

31. Panorama magis Gunung Batur dari Desa Pinggan
Gunung Batur adalah gunung berapi aktif yang paling sering dikunjungi. Namun biasanya para turis lebih memilih menikmati kemegahan gunung ini dari Desa Batur yang sama-sama berada di Kecamatan Kintamani ini.
Kali ini cobalah Anda melihat panorama Gunung Batur dari sebuah desa yang lebih terpencil, Desa Pinggan. Dijamin akan jauh lebih elok dan anggun.
Suasananya yang sunyi dan tenang bakal menyihir Anda dan semakin mendapatkan panorama magis gunung setinggi 1.717m ini.


Saat matahari menyingsing di ufuk timur dan terbenam di barat merupakan momen yang paling pas untuk menikmati keindahan Gunung Batur. Pemandangan di waktu malam pun tak kalah memesona, dengan pendaran lampu dari Desa Pinggan di kaki gunung, serta siluet gunung dengan latar belakang cahaya bintang di langit kelam.

32. Wajah-wajah misterius di Ngarai Tersembunyi di Sukawati
Di dekat Pura Beji Guwang di daerah Sukawati terdapat sebuah ngarai keramat yang menakjubkan namun belum banyak diketahui orang.
Bagi para seniman, fotografer, pekerja kreatif, atau siapapun yang ingin mencari inspirasi langsung dari keajaiban alam yang begitu indah – maka ngarai tersembunyi ini wajib dikunjungi!
Dan uniknya, apabila Anda perhatikan dengan seksama tebing-tebing yang membentuk ngarai ini, maka Anda akan dapat melihat bermacam ekspresi manusia. Bahkan juga bentuk wajah menyerupai binatang! Hiii…
Kalau itu belum cukup membuat Anda takjub, komposisi warna bebatuan yang ada di ngarai pastinya akan jadi sajian menarik bagi mata Anda.


Carilah permukaan batu yang datar, lalu duduklah sambil mengantung kaki sembari mengagumi pemandangan yang luar biasa ini. Atau kalau berani, susuri seberapa dalam Anda dapat memasuki ngarai tersebut (tapi utamakan keselamatan Anda, dan jangan melakukannya sendirian ya!).
Untuk menuju ngarai ini, Anda perlu ekstra hati-hati karena harus melalui beberapa anak sungai yang berlumpur, serta mendaki bebatuan yang licin.
Kalau yakin bisa melakukannya, maka kunjungilah tempat rahasia yang spektakuler ini!

33. Berendam di mata air di pinggir tebing: Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida
Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida bukanlah air terjun vertikal seperti kebanyakan air terjun lain di Bali.
Melainkan berupa serangkaian aliran air pendek dan bertingkat-tingkat sebelum akhirnya turun menyusuri jurang menuju ke lautan.
Untuk menuju ke sini Anda harus menuruni sebuah tangga sempit dan curam di pinggir jurang. Setelah sekitar 460 anak tangga, maka Anda akan dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan.


Berada sedikit jauh dari pinggir tebing, air terjun ini merupakan tempat yang sempurna untuk Anda yang ingin menikmati “spa alami” dan merasakan pijatan dari derasnya air yang mengalir sambil berendam di kolam.

34. Pesona tujuh air terjun fantastis: Secret Gardens of Sambangan
Ya, di tempat rekreasi alami yang berada di wilayah Desa Sambangan, Singaraja di utara Bali ini terdapat bukan hanya satu, dua, atau tiga, melainkan tujuh buah air terjun yang masing-masing memiliki keindahan dan tersendiri!
Ketujuh air terjun tersebut antara lain Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Canging, Air Terjun Kroya, Air Terjun Dedari dan Air Terjun Cemara. Untuk bisa melihat semuanya, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam trekking di tengah hutan dengan pemandangan sekitar yang begitu alami.
Di tiap air terjun terdapat kolam dengan air pegunungan yang bersih dan bening, pas untuk beristirahat sejenak melepas lelah setelah melakukan perjalanan panjang. Anda bahkan dapat memacu adrenalin dengan melompat atau meluncur di beberapa air terjun tersebut!


Bali sekarang ini merupakan sebuah melting pot di mana banyak warga dari seluruh dunia berkumpul. Meskipun dunia modern telah menyentuh hampir di semua aspek kehidupan masyarakat Bali, jangan sampai Anda melupakan tradisi luhur mereka.

35. Menyaksikan sunset dari gerbang nirwana: Pura Lempuyang Luhur
Bisa dibilang, di sinilah Anda bisa menyaksikan panorama sunset paling wow di Bali.
Berdiri di puncak tertinggi Gunung Lempuyang, untuk menuju ke sini Anda harus mendaki ratusan anak tangga dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari pintu masuk.
Setibanya di puncak, Anda akan merasa seolah tengah berada di sebuah negeri di atas awan! Jika udara sedang cerah, view pegunungan, Kota Amlapura, Pantai Amed dan Gunung Agung nan megah pun terlihat jelas. Sungguh keindahan yang sulit digambarkan dengan kata-kata.


Dan begitu masuk waktu senja, panorama sunset, Gunung Agung, gumpalan awan serta semburat cahaya keemasan tampak laksana mahakarya indah yang terbingkai oleh gapura Candi Bentar.

36. Panorama spektakuler dari atas tebing yang menjulang: Pura Luhur Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu, atau biasa disingkat dengan sebutan Pura Uluwatu merupakan salah satu pura pemujaan umat Hindu di Bali yang cukup popular baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Bertengger di ujung tebing yang menjulang tinggi di tepi samudera, pura ini menawarkan pemandangan cakrawala nan elok yang terlalu sayang untuk dilewatkan.
Dan bukan itu saja, di pura ini juga dipertunjukkan salah satu atraksi paling popular di Bali, yaitu pertunjukan Tari Kecak yang mengangkat kisah cinta Rama dan Shinta dan dilangsungkan setiap menjelang matahari terbenam.


Pertunjukan sendratari paling terkenal di Bali ini melibatkan beberapa adegan yang mendebarkan, mulai dari penari yang kesurupan sampai dengan atraksi menggunakan bara api!

37. Menyaksikan upacara penghormatan bagi para ksatria: Tradisi Mekare-kare
Jika Anda kebetulan berada di daerah Candidasa pada bulan Juni, maka berpartisipasilah dalam tradisi Mekare-kare.
Dikenal juga dengan sebutan Perang Pandan ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan untuk menghormati Dewa Indra (Dewa Perang).
Tradisi unik ini hanya bisa ditemukan di Desa Tenganan dan biasanya berlangsung selama sebulan penuh. Selama acara berlangsung, semua warga desa akan mengenakan kain tenun khas Tenganan.
Semua warga laki-laki yang dianggap dewasa, dari yang muda sampai tua, akan berpartisipasi dalam adu Perang Pandan satu lawan satu ini. Sambil mengenakan kain sarung, mereka dipersenjatai daun pandan yang berduri tajam.


Tujuan dari tradisi ini adalah untuk menumpahkan darah lawan. Saat mereka berduel, sorak-sorai warga lain yang menonton terdengar bersahut-sahutan dengan irama gamelan dan erangan petarung yang terluka.
Duel ini biasanya berlangsung singkat, satu ronde selama tiga menit. Dan terus berlangsung hingga semua pria dewasa berpartisipasi.
Kalau Anda punya nyali, silakan saja ikut. Kalau nggak, ya cukup menonton saja dari pinggir arena.
Setelah pertarungan usai, semua luka di tubuh para peserta akan disembuhkan dengan ramuan tradisional yang terbuat dari kunyit, jahe, minyak kelapa dan lainnya – yang diyakini mujarab.
Selama upacara Mekare-kare berlangsung, ada juga semacam komidi putar tradisional yang terbuat sepenuhnya dari kayu untuk dimainkan anak-anak. Kapan lagi bisa mencoba komidi putar buatan tangan?
Kunjungilah Desa Tenganan di bulan Juni untuk merasakan kemeriahan perayaan ini yang sarat akan tradisi luhur yang tiada duanya ini!

38. Membasuh diri dengan air suci: Tirta Empul
Jika Anda merasa ingin menyucikan diri dan lahir kembali menjadi pribadi yang baru, pergilah ke Pura Tirta Empul. Konon pura ini sudah ada sejak tahun 960 masehi!
Dalam Bahasa Bali, Tirta Empul secara harafiah berarti “mata air suci” karena di sini terdapat mata air yang menjadi sumber air bagi kolam-kolam dan pemandian yang ada di seluruh kompleks ini.


Ada aturan yang wajib dipatuhi saat membersihkan diri (atau “melukat” kata orang Bali), jadi pastikan Anda menaatinya sebelum mulai. Kalau ragu, silakan tanyakan kepada pemandu atau petugas yang berjaga di sekitar. Jangan khawatir, banyak kok turis yang sama-sama baru pertama kali ke sini.
Ada tiga jenis penyucian. Pertama adalah menyucikan diri dari roh jahat, kedua menyucikan diri untuk keberuntungan dan ketiga adalah untuk membersihkan raga serta jiwa.

39. Mengemudikan skuter di dalam air: Bali Underwater Scooter
Pernah melihat atau mendengar tentang skuter dalam air?
Sebelum menemukannya secara tidak sengaja, kami sendiri belum pernah mendengarnya sama sekali. Kelihatannya sangat menyenangkan dan nyaris seperti kapal selam pribadi Anda.
Bayangkan Anda dan teman-teman mengemudikan skuter di dalam air dan melayang-layang di dasar laut… Bukankah itu akan jadi foto yang sangat menarik buat Instagram?
Skuter dalam air ini pas sekali untuk Anda yang ingin menikmati pengalaman scuba diving yang tidak sama repotnya dengan scuba diving (baca: tanpa sertifikat, pengalaman, atau kesulitan alat yang dibutuhkan).


Anda hanya tinggal duduk dan bernapas normal dengan nyaman di dalam ‘helm’ Anda sendiri yang untungnya bisa memberikan penglihatan yang sangat jelas dan pemandangan yang tanpa gangguan! Skuter dalam air ini berkecepatan hingga 2km/jam, dan bisa menyelam hingga kedalaman 20m jadi Anda juga bisa mengunjungi karang dangkal!
Dan layaknya sepeda motor biasa, cukup belokkan kemudinya agar bisa menuju tempat yang Anda inginkan, dan cukup tekan tombol untuk menambah kecepatan atau kedalaman.
Bagi Anda yang sangat ingin mencoba scuba diving, tetapi mungkin menciut nyalinya karena persyaratannya

Sumber:
tempatwisataunik.com
Share:

Search This Blog

Categories

Blog Archive

Visitors

Flag Counter

Blog Archive